Connect with us

Headline

Pemkab Natuna Kucurkan Bantuan Rp1 Miliar, Menambah Populasi Sapi Kurban

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20240119 Wa0163
Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Natuna Ismail Sitam.

Natuna, Kabarbatam.com – Dinas ketahanan pangan dan pertanian Kabupaten Natuna akan menambah populasi sapi ternak, melalui pemberdayaan kelompok peternakan sapi.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemkab Natuna Ismail Sitam menjelaskan, program peningkatan populasi sapi ternak tahun ini untuk mempertahankan Natuna sebagai penyuplai sapi kurban di wilayah Kepulauan Riau.

“Pemerintah daerah sudah alokasikan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk pengadaan sapi unggul. Nantinya akan diserahkan kepada kelompok peternak yang sudah terdata pemerintah,” jelasnya melalui telepon, Jumat (19/1).

Bantuan sapi ternak ini sambungnya, dikhususkan kepada masyarakat yang tidak memiliki sapi ternak, namun memiliki lahan dan hobi.

“Calon peternak wajib memiliki lahan pribadi, supaya tidak timbul permasalahan lain di masyarakat, tidak punya ternak sapi dan tidak punya modal,” ujarnya.

Dalam perencanaan pengadaan sapi ternak ini katanya, pemerintah daerah akan mendatangkan bibit dari luar daerah jika didalam dalam daerah tidak tersedia. Sementara dalam penyalurannya, difokuskan di beberapa Kecamatan yang mendukung percobaan pengembangan peternakan sapi. Seperti Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Selatan, Kecamatan Bunguran Utara, Kecamatan Bunguran Batubi, Kecamatan Bunguran Tengah dan Kecamatan diluar pulau Bunguran.

“Populasi sapi ternak di Natuna saat ini sekitar 5 ribu ekor sampai 7 ribu yang diternak masyarakat. Saat ini Kabupaten sudah bekerjasama dengan provinsi dalam menghasilkan bibit sapi berkualitas,” ujarnya. (man)

Advertisement

Nasional

Trending