Connect with us

Karimun

Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Tanjungbalai Karimun Gelar Tabur Bunga

Published

on

Foto berita karimun, Kabar Karimun, Lanal Karimun, Lanal Tanjungbalai Karimun, tabur bunga
Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun melaksanakan kegiatan tabur bunga di perairan Kabupaten Karimun

Karimun, Kabarbatam.com – Tanggal 15 Januari setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Dharma Samudera oleh prajurit TNI Angkatan Laut (AL).
Hari Dharma Samudera diketahui hari peringatan untuk mengenang semangat juang prajurit TNI yang gugur dalam pertempuran laut, dengan puncak Pertempuran Arafuru di Laut Aru, Maluku, pada tahun 1962.
Guna memperingati hari tersebut, Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun melaksanakan kegiatan tabur bunga di perairan Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau Jumat (15/1/2021) pagi.
Kegiatan yang dilaksanakan di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Pelawan itu dipimpin langsung Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Maswedi M.Tr Opsla.
Selain prajurit TNI AL, tabur bunga itu juga diikuti oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua DPRD Kabupaten Karimun M Yusuf Sirat, Waka Polres Karimun Kompol Krisna Ramadani, KSOP Kelas II Tanjungbalai Karimun, Bea Cukai, Imigrasi, Kejaksaan dan forkopimda lainnya.
Foto berita karimun, Kabar Karimun, Lanal Karimun, Lanal Tanjungbalai Karimun, tabur bunga
“Kegiatan ini kita lakukan untuk memperingati hari pertempuran KRI Macan Tutul di Laut Aru yang dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso,” ujar Maswedi yang diwawancara usai kegiatan.
Maswedi mengatakan, mulanya peringatan Hari Dharma Samudera direncakan akan dilaksanakan terpusat di Kabupaten Natuna yang juga dipimpin langsung oleh KSAL, Laksamana TNI Yudo Margono.
Hanya saja, peringatan tersebut dibatalkan mengingat adanya musibah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182.
Hal itu, kata dia, membuat KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengarahkan seluruh unsur KRI yang akan terlibat dalam Dharma Samudera dialihkan untuk kegiatan SAR pencarian pesawat tersebut di perairan Teluk Jakarta.
“Sebagaimana arahan pimpinan, Lanal ataupun Lantamal yang memiliki unsur KAL untuk melaksanakan upacara di laut,” tambah Maswedi.
Selain tabur bunga, Letkol Laut (P) Maswedi, yang juga pernah menjabat Komandan KRI Teluk Sabang – 544, Komandan KRI Matacora – 823 dan Palaksa Denma Koarmada I ini menuturkan bahwa pihaknya juga melakukan kegiatan lainnya dalam memperingati Hari Dharma Samudera.
“Kami juga melaksanakan bakti sosial donor darah dan kegiatan anjangsana kepada purnawirawan prajurit TNI AL, Serma Jasmani,” ucap Maswedi
“Purnawirawan Jasmani yang berdomisili di Kabupaten Karimun merupakan saksi sejarah Pertempuran Arafuru. Ia merupakan kru KRI Macan Tutul,” tambahnya.(Yogi)

Advertisement

Trending