Connect with us

Headline

Peringati Hari R.A Kartini, Jalasenastri Lanal TBK Gelar Lomba Masak Kreasi dengan Baju Adat

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20210327 Wa0062
Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Lanal TBK menggelar lomba kreasi masak ikan, Sabtu (27/3/2021) di Lapangan Voly Kompleks TNI-AL, Karimun, Kepulauan Riau.

Karimun, Kabarbatam.com – Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Lanal TBK menggelar lomba kreasi masak ikan, Sabtu (27/3/2021) di Lapangan Voly Kompleks TNI-AL, Karimun, Kepulauan Riau.

Lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari R. A Kartini pada 21 April 2021 mendatang tersebut diikuti oleh 5 Tim Jalasenastri dari beberapa Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Lanal TBK.

Menariknya, seluruh tim Jalasenastri yang mengikuti lomba itu menggunakan pakaian kebaya adat, menyerupai sosok pahlawan yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan kaum wanita di Indonesia tersebut.

“Dalam mengenang RA Kartini, kita sebagai wanita harus bisa lebih mengenal tentang RA Kartini. Sosoknya yang luar biasa wajib kita tiru dan kita teladani, kini wanita Indonesia telah memperoleh hak-haknya sebagai wanita. Bisa memperoleh kebebasan dan kesetaraan dengan kaum laki-laki baik dalam pendidikan maupun pekerjaan, itu semua tidak terlepas dari jasa R.A Kartini,” ujar Ketua Jalasenastri Lanal TBK, Ny Dewi Maswedi.

Dewi mengatakan, semula pihaknya ingin menggelar lomba kreasi masak ikan itu, tepat pada tanggal peringatan Hari R. A Kartini yaitu 21 April 2021 mendatang.

Hanya saja, pihaknya sengaja mempercepat digelarnya lomba tersebut. Mengingat, pada tanggal tersebut sudah memasuki bulan suci Ramadhan.

“Kita percepat peringatan Hari R.A Kartini ini karena pada 21 April 2021 sudah memasuki bulan suci ramadhan atau bulan puasa,” kata Dewi.

Sementara itu, dalam jalannya perlombaan tersebut, peserta di beri waktu satu jam untuk menyelesaikan seluruh menu masakan Nusantara berbahan utama yaitu Ikan Tenggiri.

Pemilihan Ikan Tenggiri, kata dia, karena sesuai dengan tema lomba tersebut dan juga melambangkan Kabupaten Karimun sebagai daerah yang banyak menghasilkan ikan.

“Tema lomba tahun ini adalah, Ikan. Dipilihnya Ikan karena Karimun daerah yang banyak menghasilkan ikan, sehingga kami terinspirasi untuk memasak ikan dan menggunakan pakaian baju adat seraya mengenang Pahlawan Wanita Indonesia Raden Ajeng Kartini,” ucap Dewi.

Sementara untuk sistem penilaian dalam perlombaan masak yang di lakukan ada lima kategori diantaranya, kreasi, rasa, kebersihan, kekompakan, dan kostum.

Kemudian, penilaian dilakukan oleh tiga juri, di antaranya Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi, Ketua Jalasenastri Cab 6 Korcab IV DJA1 Dewi Maswedi, dan Peltu Lis Trisno S.

Sementara menu oleh ke lima tim, dengan menu wajib yang berbeda di setiap tim. Adapun menu yang harus di selesaikan di antaranya Ikan Asam Manis, Ikan Cabai Bawang, Asam Pedas, Ikan Masak Kuning, dan Sup Ikan.

Di akhir kepada tim yang juara satu jatuh kepada Tim 5 dengan menu masakan yaitu sup ikan tenggiri.

“Pemenang juara satu jatuh pada tim 5 dengan menu yaitu sup ikan tengiri,” ucap MC di acara tersebut.

“Semua peserta lomba kreasi masak ini adalah pemenangnya, tidak ada yang kalah maupun yang menang, kita semua juara,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini turut di hadiri oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi, Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Dewi Maswedi, Pjs Palaksa Kpt Laut (P) Agus Riyadi, serta Perwira Staf. (Yogi)

Advertisement

Nasional

Trending