Connect with us

Nasional

Perkuat Ketahanan Pangan, Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS Tanam Bawang Merah dan Cabai di Papua Barat

Published

on

img 20221112 wa0048
Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti bersama Forkopinda Kabupaten Maybrat melaksanakan penanaman bawang merah dan cabai di wilayah Distrik Ayamaru Selatan Jaya, Maybrat, Papua Barat, Jumat (11/11/2022).

Papua, Kabarbatam.com – Memperkuat program ketahanan pangan, Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti bersama Forkopinda Kabupaten Maybrat melaksanakan penanaman bawang merah dan cabai di wilayah Distrik Ayamaru Selatan Jaya, Maybrat, Papua Barat, Jumat (11/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Maybrat Dr. Benhard E Rondonuwu, S.Sos., M.Si., bersama Dansatgas Letkol Inf Andi Ariyanto, S.I.P., serta Forkopinda secara simbolis melakukan penanaman bawang merah dan cabai.

Dansatgas Letkol Inf Andi Ariyanto mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah ini sangat bagus guna membantu pengendalian inflasi bawang merah dan cabai di wilayah Maybrat.

“Saya selalu melakukan koordinasi dan bersinergi bersama Pemda Maybrat dalam rangka pengendalian inflasi bawang merah dan cabai di wilayah ini,” ujar Andi Ariyanto.

img 20221112 wa0047

Andi menjelaskan, sejauh ini Satgas Yonif RK 136/TS juga terus berperan aktif dalam memberikan arahan kepada kelompok tani di wilayah binaan. Hal itu, bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan, terutama mengendalikan inflasi bawang merah dan cabai.

“Seperti yang dilakukan Pos Kotis Kumurkek ini. Bersama masyarakat kami terus berupaya menggalakan program ketahanan pangan di wilayah binaan. Melalui pemanfaatan lahan yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah untuk diolah menjadi lahan produktif serta pendamping kepada kelompok tani oleh anggota Pos Kotis Kumurkek di wilayah Distrik Ayamaru Selatan,” bebernya.

Mekanisme program ketahanan pangan ini, diawali dengan lahan kosong dan subur, pemilihan bibit unggulan serta perawatan tanaman hingga pemanenan hasil yang sangat memuaskan dan memiliki hasil jual yang produktif tinggi.

Sementara itu, Pj Bupati Maybrat menyampaikan, kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam menekan inflasi bawang merah dan cabe yang telah di canangkan oleh Pemerintah.

Harapannya, kelompok tani dan masyarakat sekitar dapat meningkatkan mutu dan harga jual, sekaligus mengoptimalkan hasil – hasil pertaniannya.

“Ini juga dapat membantu warga sekitar khususnya petani dalam meningkatkan perekonomian dan mengendalikan inflasi bawang merah dan cabai khususnya di wilayah kampung Fansimar kabupaten Maybrat,” pungkasnya. (R/Atok).

Advertisement

Trending