Connect with us

Batam

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) BK Sipil Goes To Campus Uniba

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20240530 Wa0261
Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batam telah melangsungkan acara seminar dan workshop BIM selama dua hari yaitu tanggal 29 sampai dengan 30 Mei 2024.

Batam, Kabarbatam.com – Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batam telah melangsungkan acara seminar dan workshop BIM selama dua hari yaitu tanggal 29 sampai dengan 30 Mei 2024.

Acara yang bertajuk”Introduction Building Information Modeling For Smart Construction Process”yang diterjemahkan terkait pengenalan pemodelan informasi bangunan untuk proses konstruksi cerdas.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini di komandoi oleh Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batam dengan pendamping oleh LPPM Uniba yang bekerjasama dengan Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia.

Img 20240530 Wa0280

Kegiatan seminar dan workshop ini tidak terlepas dari andil dan peran Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Batam(PII).

Acara pembukaan diawali dengan sambutan oleh Direktur Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia,Ir.Firman Parmudianto,IPU yang menjelaskan sscara detail peran dsri Building Information Modeling (BIM) yang merupakan salah satu inovasi revolusioner dalam industri konstruksi yang mengubah cara perencanaan,baik secara desain dan konstruksi di laksanakan di lapangan,BIM juga tidak hanya sekadar alat perangkat lunak,namun merupakan pendekatan terpadu untuk mengelola informasi dan data proyek konstruksi secara efisien.

“BIM tidak hanya mencakup visualisasi detail fisik bangunan,etapi juga menyertakan informasi penting seperti estimasi biaya,spesifikasi material,jadwal perencanaan proyek dan pemantauan kondisi bangunan”Ujar Firman Parmudianto.

Dilanjutkan dengan pembukaan Seminar & Workshop oleh Rektor Uniba, Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal.,M. Eng., IPU.,ASEAN.,Eng sembari membuka acara,Rektor Uniba juga menambahkan kehadiran”Building Information Modeling” bahwa model ini tidak hanya memvisualisasikan struktur fisik bangunan tapi juga mengandung informasi yang aktual seperti,spesifikasi material,jadwal dan biaya yang cukup efisiensi.

Senentara acara tersebut di hadiri ratusan mahasiswa yang berasal dari internal Uniba maupun eksternal Universitas di Provinsi Kepulauan Riau.

Img 20240530 Wa0262

Seminar dan Workshop juga menghadirkan para pemateri yang cukup berpengalaman dan kerap mengisi acara workshop(BIM) yakni yang berasal dari BUMN Konstruksi PT.Adhi Karya(Persero)Tbk yang dipimpin oleh Bapak Ir.Erwin Dwi Hermawan,ST.,MT selaku Manager Biro BIM PT. Adhi Karya (Persero)Tbk.

Acara seminar di moderatori oleh Ir.Herlina Suciati,ST.,MT.,IPM.,APEC Eng selaku Ka.Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batam berjalan cukup baik dan antusiasme mahasiswa yang hadir cukup ramai.

Menurut Ketua Panitia Seminar dan Workshop, Ir.Herlina mengatakan ada dua sesi yang dilaksanakan dalam kegiatan ini yaitu,pemateri pertama oleh Ir.Akhbar Ilmiah Room,ST.,IPU.,APEC Eng sebagai Dosen Prodi Teknik Sipil Uniba,sedangkan pemateri kedua di komandoi oleh Halin Muqron,ST yang merupakan Senior BIM Koordinator PT. Adhi Karya (Persero)TBK.

Hal senadah juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr.Ir.Edi Indera, M.Si menyampaikan apresiasi dan bangga atas terpilihnya Universitas Batam oleh PII BK Sipil dalam ajang acara BIM Workshop di tahun 2024.

“Tentu kegiatan Goes To Campus yang di inisiasi oleh Persatuan Insinyur Indonesia(PII) menjadi kebanggaan bagi Uniba” tutup Edi Indera. (Humas Uniba: Agus Siswanto Siagian, SH., MH.)

Advertisement

Trending