Connect with us

Uncategorized

Pjs Gubernur Kepri Gelar Rakor Kesiapan Pilkada Serentak 2020

Published

on

Foto Covid, Pilkada 2020, pjs gubernur kepri

Batam, KABARBATAM.COM – Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin mengapresiasi kesiapan Kota Batam untuk menggelar Pilkada sehat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Seluruh masyarakat Batam yang memiliki hak pilih dihimbau untuk menggunakannya pada 9 Desember 2020 ini.

“Pilkada sehat yang terus digencarkan, adalah cara kita berdemokrasi menggunakan hak suara, guna memilih calon pemimpin. Warga yang telah punya hak pilih, gunakanlah hak suaranya pada pemilihan Walikota Batam ataupun Gubernur Kepri,” kata Bahtiar saat menggelar Rakor Kesiapan Pilkada Serentak 2020 Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pembagian Masker Untuk Forkompida di Kantor Walikota Batam, Kamis (26/11/2020).

Saat menggunakan hak suaranya pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, Bahtiar berpesan agar semuanya untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Saat datang ke TPS, akan dicek suhu badan terlebih dahulu, mencuci tangan, memakai makser, diberikan sarung tangan hingga menjaga jarak antri. Dengan penerapan protokol kesehatan tersebut, diharapkan tidak ada penambahan kasus covid baru di Batam.

“Jangan sampai memunculkan klaster baru, dari gelaran pesta demokrasi ini,” kata Dirjen Polpum Kemendagri ini.

Bahtiar juga selalu menjelaskan, kalau Pilkada kali ini dilaksanakan secara berbeda. Karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Jadi Pilkada kali ini dilaksanakan pada kondisi abnormal, bukan kondisi normal seperti biasanya.

Karena Pilkada dilaksanakan pada suasana berbeda, dimana tahapan dan pelaksananaannya harus dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena itu, semua tahapan dan pelaksanaan yang dilanggar, secara tegas harus ditindak dan diberikan sangsi, imbuh Bahtiar.

“Penegakkan ini tentu, dalam rangka menghadirkan Pilkada sehat sesuai harapan kita semua,” katanya.

Bahtiar juga berharap, penyelenggaran pelaksana Pilkada nanti benar-benar berintegritas. Karena hanya dengan integritas inilah, pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik dan benar. Jika berjalan dengan baik dan benar, maka akan mendapat kepercayaan masyarakat. Alhasil, partisipasi masyarakat dengan sendiri nantinya tinggi. Dengan demikian lahir pemimpin legitimit.

Pjs Walikota Batam Samsul Bahrum bersyukur, karena perhatian Pjs Gubernur Kepri yang ingin pelaksanaan Pilkada serentak di Kota Batam berlangsung secara sehat. Bentuk perhatian tersebut, dengan telah 48 kali, Pjs hadir ke Kota Batam untuk berbagai kegiatan.

Sehat disini bermakna sangat luas. Karena tidak hanya sehat masyarakatnya, tapi juga harus sehat secara politik hingga sehat secara ekonomi. Jika semuanya bisa sukses berlangsung, maka dipastikan Pilkada serentak di Kota Batam khususnya, akan berjalan sesuai harapan.

Adapun Ketua KPU Kota Batam Herrigen Agusti memastikan, semua tahapan Pilkada sejauh ini masih berjalan sesuai jadwal. Mulai dari kesiapan logistik dan sarana pendukung, semua masih on the track, jelasnya. Termasuk kesiapan pendukung mulai dari petugas PPK PPS KPPS yang semuanya masih bekerja sesuai tugas pokoknya.

Pemaparan juga disampaikan secara bergantian. Mulai dari Bawaslu Kota Batam, Polresta Barelang, Dandim 0316 Kota Batam hingga Desk Pilkada Kota Batam. Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan bantuan masker kepada Pemerintah Kota Batam. Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin menyerahkan langsung secara simbolis kepada Pjs Walikota Batam Samsul Bahrum.

Masker bantuan tersebut, selanjutnya akan dibagikan kepada semua Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Batam. Untuk selanjutnya masing-masing Forkompinda nanti akan memberikan langsung kepada masyarakat.

Diharapkan dengan menyerahkan salah satu alat pertahanan melawan Covid-19, maka penyebaran kasus terpapar virus corona di Kota Batam bisa kita tekan. Minimal tidak terjadi penambahan kasus berarti, sepanjang dilakukan Pilkada nanti.

Hadir pada kesempatan tersebut, Dandim Kota Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, Wakapolresta Barelang AKBP Junoto, Desk Pilkada Kota Batam, Ketua Bawaslu Kota Batam Syailendra Reza, Plh Asisten 1 Sardison, Kepala Kesbangpol Lamidi, Kadis Kesehatan M Bisri, Kadis Perhubungan Junaedi, Kadis Sosial Doli Boniara dan para undangan lainnya.

Advertisement

Trending