Connect with us

BP Batam

Program Padat Karya, Upaya Cen Sui Lan Bantu Warga Batam Terdampak Covid-19

Published

on

Foto Cen Sui Lan, cen sui lan ke batam, program padat karya
Cen sui Lan meninjau langsung dua lokasi kegiatan padat karya yakni peningkatan Jalan Nasional ke Jalan Hang Tuah, Nongsa, serta Jalan Nasional Sei Harapan menuju Tanjung Uncang, di Kota Batam,

Batam, Kabarbatam.com – Cen Sui Lan, Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) merealisasikan dana aspirasi tahun anggaran 2021 senilai Rp26 miliar.

Dana aspirasi yang dibawa Cen Sui Lan dari APBN (pusat) itu, dialokasikan melalui program padat karya untuk pembangunan di Provinsi Kepri.

Program padat karya ini dilaksanakan oleh Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepulauan Riau, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk Dapil Kepri yang tidak termasuk dari Ditjen lainnya.

Perjuangan tersebut bagian dari tanggung jawab Cen Sui Lan sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Provinsi Kepri, terhadap semua lini kehidupan yang terdampak Covid-19.

Legislator yang akrab disapa ‘CSL ini bahkan meninjau langsung dua lokasi kegiatan padat karya yakni peningkatan Jalan Nasional ke Jalan Hang Tuah, Nongsa, serta Jalan Nasional Sei Harapan menuju Tanjung Uncang, di Kota Batam, Rabu (13/10/2021).

“Program ini adalah bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” kata Cen Sui Lan.

CSL mengatakan, program padat karya di Jalan Nasional menuju Jalan Hang Tuah, Nongsa, Batam adalah revitalisasi drainase sepanjang 6 kilometer yang menghabiskan anggaran sebesar Rp3 miliar.

Kemudian, program di Jalan Nasional Jalan Sei Harapan menuju Tanjung Uncang berupa penanganan perbaikan lereng sepanjang 2 kilometer yang menghabiskan anggaran Rp2,5 miliar.

“Untuk 2 titik kegiatan tersebut, dapat memberikan pekerjaan kepada 78 orang tenaga kerja yang berasal dari tenaga kerja terdampak Covid dan inilah gunanya program padat karya ini diluncurkan dan aspirasi kan agar bisa membantu masyarakat,” ujar Cen Sui Lan yang sedang menjalani masa reses di Kota Batam, Provinsi Kepri.

Cen mengatakan, peninjauan dua lokasi peningkatan jalan nasional tersebut merupakan bagian dari kegiatan reses yang sekaligus melakukan pengawasan kepada mitra kerja Komisi V di Daerah Pemilihan (Dapil) Kepri.

Setelah meninjau pelaksanaan kegiatan padat karya di Jalan Nasional di Jalan Hang Tuah, Nongsa, Batam, Cen Sui Lan juga membagikan paket bahan pokok berupa beras kepada seluruh pekerja program padat karya tersebut.

“Alhamdulillah, mereka sangat berterima kasih dengan program padat karya ini, dan mendapatkan paket beras tersebut,” ucap Cen Sui Lan.

Pada kesempatan tersebut, Cen Sui Lan berdiskusi dan memberikan pengarahan kepada pelaksana kegiatan program padat karya Jalan Nasional di Jalan Hang Tuah, Nongsa Batam.

Hadir secara langsung Faisal selaku Kepala BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Dan Hendra sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) program padat karya revitalisasi drainase dan penanganan lereng jalan. Turut hadi Zulkarnain sebagai Kepala Satuan Kerja (Kasatker) pelaksanaan Jalan Nasional di Kepulauan Riau.

Selain kegiatan pada jalan nasional, aspirasi Cen Sui Lan yang berbentuk program padat karya ini juga ditujukan pada Program Infrastuktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) se-Kepri.

Ada 25 desa atau titik kegiatan PISEW yang direalisasikan pada tahun 2021 yang Masing-masing dialokasikan dana Rp600 juta.

Pekerjaan dilaksanakan dengan sistem pemberdayaan masyarakat atau padat karya.

Begitu juga dengan program KOTAKU. Untuk di wilayah Kota Batam, program KOTAKU dialokasikan untuk sembilan kelurahan. Masing-masing dialokasikan dana Rp1 miliar. Selain itu, beberapa kegiatan program padat karya juga direalisasikan melalui KSOP Tanjungpinang, KSOP Khusus Batam. Termasuk peningkatan bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Karimun, bandara Dabo Singkep sampai dengan UPP Tarempa. (*)

Advertisement

Trending