Connect with us

Headline

Raih Penghargaan SAKIP, Bupati Karimun Target Capai Predikat AA

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

F32555688

Karimun, Kabarbatam.com – Awal tahun 2020 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun berhasil meraih prestasi membanggakan yakni Penghargaan Evaluasi Laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dengan predikat “BB” tahun 2019.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo kepada Bupati Karimun melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Karimun Muhammad Firmansyah di Convention Center Hotel Radisson Batam, Senin (10/2/2020).
Untuk diketahui, Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Setiap instansi pemerintah diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.
Di tempat terpisah, Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq S.Sos. M.Si, mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Karimun.
“Alhamdulillah kita meraih nilai BB, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada OPD di Pemkab Karimun tentunya melalui bagian Inspektorat yang dikoordinasikan Sekretaris Daerah yang mampu memberikan laporan kinerja instansi yang bertanggung jawab sehingga mendapat predikat BB tersebut” ujarnya saat diwawancarai Kabarbatam.com di Penutupan MTQ Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun (14/2/2020) malam.
Aunur Rafiq mengungkapkan predikat BB sudah baik namun pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pencapaian SAKIP hingga mendapat predikat AA.
“Inssyaallah dari predikat BB ini kita akan berupaya meningkatkan pencapaian tersebut hingga mendapatkan predikat A bahkan AA, oleh karena itu kita terus berusaha agar kinerja instansi pemerintah terus meningkat bukan hanya meningkat saja namun juga capaian-capaian seperti bagaimana menyusun program melalui E- Planning , melalui penganggaran budgeting dan pengawasannya, Sehingga program yang dibuat memiliki fungsi untuk kesejahteraan masyarakat, akuntable dan dapat dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Karimun melalui Sekda Karimun Muhammad Firmansyah yang hadir dalam acara penyerahan tersebut mengatakan Pencapaian SAKIB dengan Predikat BB ini merupakan yang keempat kalinya untuk Kabupaten Karimun.
“Kabupaten Karimun sudah empat kali meraih Penghargaan SAKIP dengan predikat BB, seperti tahun 2019 ini selain kita juga ada Kabupaten Natuna dan Kota Tanjung Pinang dengan mendapat predikat yang sama,” kata Sekda Karimun Muhammad Firmansyah saat dihubungi via telepon oleh kabarbatam.com.
Menanggapi komitmen Bupati Karimun untuk meraih predikat AA, Sekda Karimun mengungkapkan akan terus berupaya untuk mencapai predikat tersebut.
“Kita akan berupaya untuk mendapat predikat hingga AA, dan tentunya semua pencapaian itu merupakan keterlibatan semua OPD dalam menyusun perencanaan yang harus benar-benar terkonsep dan juga upaya kita seperti OPD harus berkomitmen dalam menyusun perencanaan, efesiensi anggaran terhadap penyusunan anggaran, serta stakeholders harus tahu visi dan misi Bupati Karimun agar predikat tersebut bisa diraih” ungkapnya.
Terakhir, di kesempatan berbeda Bupati Karimun dalam pidatonya saat acara penjanjian kinerja OPD di Pemkab Karimun, Rabu (20/2/2020) berharap, Capaian – capaian atau prestasi yang sudah didapat agar terus ditingkatkan lagi kedepannya.
“Selain Penghargaan SAKIP dengan Predikat BB, Kabupaten Karimun juga meraih prestasi di Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), dengan predikat terbaik di tingkat Provinsi Kepulauan Riau, untuk itu saya harap prestasi-prestasi yang diraih di tingkat pusat hingga provinsi agar terus ditingkatkan lagi kedepannya” pungkasnya
Selain Kabupaten Karimun, Berikut Provinsi,Kota dan Kabupaten yang meraih predikat di Wilayah I Kementrian PAN-RB Republik Indonesia.
Predikat SAKIP A
-Provinsi Jawa Barat
-Kabupaten Lebak
-Kabupaten Serang
Predikat SAKIP BB
-Kota Padang
-Kota Bogor
-Kota Tasikmalaya
-Kota Sukabumi
-Kota Bandung
-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
-Provinsi Kepulauan Riau
-Provinsi Sumatra Barat
-Provinsi Sumatra Selatan
-Kabupaten Bangka
-Kabupaten Bangka Tengah
-Kabupaten Tangerang
-Kabupaten Pandeglang
-Kabupaten Batanghari
-Kabupaten Humbang Hasundutan
-Kabupaten Samosir
-Kabupaten Karimun
-Kabupaten Natuna
-Kabupaten Muara Enim
-Kabupaten Bandung
-Kabupaten Garut
-Kota Tanjung Pinang
-Kota Lubuk Linggau
-Kota Bukittinggi
-Kota Payakumbuh. (Gik)

Advertisement

Nasional

Trending