Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Batam

Ratusan Turis China di Batam Dipulangkan Secara Bertahap

fikri

Published

on

Advertisement
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider

Batam, Kabarbatam.com– Kunjungan turis China atau Tiongkok ke Batam akan dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini menyusul merebaknya wabah virus Corona yang awalnya muncul di Wuhan, China.

Penghentian penerbangan atau flight rute China – Batam disampaikan Kepala Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso kepada Kabarbatam.com, Senin (27/1/2020).

“Penerbangan dari Zhenshen (China) ke Batam dan Xi’an (China) ke Batam, dan sebaliknya akan dihentikan mulai besok. Penghentian itu atas permintaan agen perjalanan wisata China – Batam,” kata Suwarso.

Pihaknya mendapatkan informasi tersebut secara lisan siang tadi. “Kami masih menunggu surat resminya. Kalau penyampaian secara lisan baru kami terima siang tadi,” ujarnya.

Terkait dengan keberadaan turis China yang sudah berada di Batam, kata Suwarso akan dipulangkan secara bertahap. Jumlahnya diperkirakan mencapai 300 orang.

“Jumlahnya diperkirakan sekitar 300 orang. Mereka adalah wisman, baik dari Zhenshen dan Xi’an. Para wisatawan asal China ini akan dipulangkan secara bertahap,” tambah Suwarso.

Penghentian penerbangan China – Batam ini menyusul merebaknya virus Corona di beberapa negara. Indonesia menjadi salah satu negara yang melakukan antisipasi dan pencegahan masuknya virus tersebut, dengan melakukan pengawasan dan pemeriksaan suhu tubuh terhadap wisman yang tiba di pelabuhan dan bandara.

Untuk di Provinsi Kepri, wilayah seperti Batam, Tanjungpinang, dan Tanjungbalai Karimun telah memasang alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner untuk mengecek dan mendeteksi suhu tubuh wisatawan yang datang.

Sejauh ini belum ditemukan adanya penumpang yang suspect atau memiliki suhu tubuh tinggi berkisar 38 derajat celcius. (Tok)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending