Connect with us

Batam

Resmi Dibuka, Program PKKMB Tahun 2023 di Universitas Batam Diikuti Ratusan Mahasiswa

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20231011 Wa0116
Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 di Universitas Batam (Uniba), Provinsi Kepulauan Riau secara resmi dibuka, Rabu (11/10/2023)

Batam, Kabarbatam.com – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 di Universitas Batam (Uniba), Provinsi Kepulauan Riau secara resmi dibuka, Rabu (11/10/2023)

Program PKKMB tahun 2023 secara resmi di buka oleh Rektor Universitas Batam Prof Indrayani S.E., M.Si, M.M Ph.D dihadiri Wakil Rektor I Dr. Idham, Wakil Rektor III Dr. Gita Indrawan, Dr. Bambang Satriawan, Moderator Dr. Ns. Ana Faizah serta para tamu undangan lainnya yang berlangsung di gedung Graha Bintang, Universitas Batam.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Batam Prof Indrayani mengatakan, tema PKKMB tahun 2023 yakni Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 menjadikan mahasiswa sebagai agent of change yang berkarakter dan berdaya saing global di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

IMG-20231011-WA0118

Dijelaskannya, Universitas Batam saat ini telah memiliki 5 Fakultas terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran.

“MPPB tahun 2023 diselenggarakan untuk mahasiswa baru pada program S1. Kita punya 21 program studi terdiri dari 15 S1, S2 dengan program studi perencanaan wilayah, hukum dan akuntansi serta S3 dengan studi program manajemen Sumber Daya Manusia,” ujar Prof. Indrayani.

Prof. Indrayani menjelaskan, ilmu pengetahuan di Universitas Batam diberikan oleh dosen-dosen yang profesional dalam bidangnya dan telah diakui layak untuk menjadi seorang dosen.

“Ilmu yang diberikan kepada para anak-anakku mahasiswa baru akan menjadi bekal yang memberikan manfaat. Mengenyam pendidikan di Uniba tidak hanya sekedar membawa ijazah tetapi skill terutama di bidang komunikasi, intergritas, tanggung jawab kerjasama tim yang dapat menentukan keberhasilan seseorang,” ungkapnya.

Selain itu, Indrayani berharap, seluruh mahasiswa baru program belajar S1 dapat lulus tepat waktu dengan mengikuti ketentuan serta peraturan dari Dikti.

“Saya berpesan, kepada mahasiswa baru dapat belajar lebih giat, capai cita-cita dan jangan lupa selalu membawa nama baik Universitas Batam. Uniba merupakan Universitas terbesar di Kepri dan satu-satunya Universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran terakreditasi unggul,” jelasnya.

IMG-20231011-WA0117

Sementara itu, Ketua Panita M. Rainbow Perdana menambahkan, kegiatan PKKMB tahun 2023 di Universitas Batam dimulai sejak tanggal 10 hingga 13 Oktober yang diikuti sebanyak 835 mahasiswa baru.

“Dari jumlah tersebut, jurusan prodi terbanyak dari Fakultas Kedokteran. Karena Fakultas Kedokteran Uniba merupakan prodi unggulan serta terakreditas,” tuturnya.

Hampir setiap tahunnya, kata M. Rainbow, mahasiswa baru Fakultas Kedokteran terus bertambah. Pada tahun sebelumnya, jumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran Uniba sebanyak 130 mahasiswa dan tahun ini mencapai 153 orang.

“Faktor akreditasi dari baik sekali menjadi unggul mempengaruhi jumlah mahasiswa baru. Hal itu, tentu memberikan dampak yang sangat baik dalam dunia pendidikan,” jelasnya.

M. Rainbow menyampaikan, penerimaan mahasiswa baru di Universitas Batam sangat terbuka untuk umum. Bahkan, dari Sabang hingga Merauke calon mahasiswa dapat mendaftar di Uniba.

“Tahun ini ada tiga mahasiswa berasal dari Kabupaten Puncak Jaya, Papua dengan jurusan Fakultas Kedokteran,” tambahnya.

Secara teknis, kegiatan PKKMB di Universitas Batam berlangsung di dalam ruangan dengan fokus pengembangan karakter.

“Saat ini kita sudah tidak menggunakan lagi budaya Orientasi di lapangan maupun senioritas. Fokus kami, bagaimana kita mengembangkan karater dengan harapan dapat menjadi agent of change yang berkarakter dan berdaya saing global di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0,” pungkasnya. (Atok)

Advertisement

Nasional

Trending