Connect with us
THR The Harris Ramadan

Riau

RS Jantung dan Otak Dibangun Tahun Ini, Gubernur Syamsuar Ucapkan Terima Kasih pada Presiden Jokowi

Published

on

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bertemu dengan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, di Kantor Kemenkes RI di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Pekanbaru, Kabarbatam.com – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bergerak cepat menemui Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, di Kantor Kemenkes RI di Jakarta, Senin (16/1/2023).

THR The Harris Ramadan 2023

Gerak cepat yang dilakukan Gubri Syamsuar ini dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi yang akan membangun rumah sakit pusat otak dan jantung di Provinsi Riau.

Setiba di Kantor Kementerian Kesehatan, Gubri Syamsuar langsung menggelar pertemuan terbatas dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Ruang Cut Meautia Lantai 2 Gedung Kemenkes. Pada pertemuan itu juga dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

“Banyak sekali masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Riau yang berobat keluar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan. Mereka banyak yang berobat ke Malaka, dan itu hampir setiap hari ada yang terbang dari Riau ke Malaka. Belum lagi yang lewat laut,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai pertemuan, Senin (16/1/2023).

Melihat fenomena tersebut, Presiden Jokowi langsung memerintahkan Kemenkes untuk segera membangun rumah sakit pemerintah pusat di Riau.

“Khususnya untuk otak dan jantung. Karena kematian tertinggi di Indonesia termasuk di Riau itukan akibat jantung dan strok,” katanya.

Guna mempersiapkan pembangunan rumah sakit pusat otak dan jantung tersebut, Pemprov Riau sudah menyiapkan lahan seluas 10 hektare.

“Tadi pak gubernur sudah menyampaikan kepada kami untuk lahannya sudah disiapkan. Di lahan itulah nanti akan kita bangun rumah sakitnya,” katanya.

Menkes mengungkapkan untuk pembangunan rumah sakit tersebut akan dimulai tahun ini.

“Kita akan segera bangun, tahun ini kita mulai, sebelum 2024 kalau bisa diresmikan pak presiden Jokowi, ” katanya.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar usai bertemu dengan Kemenkes di Jakarta mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang akan membangun rumah sakit pusat otak dan jantung di Riau.

“Alhamdulillah apa yang menjadi arahan pak presiden langsung ditanggapi oleh pak Menteri Kesehatan dan beliau menyambut baik,” kata Gubri Syamsuar didampingi Kepala Diana Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin usai pertemuan dengan Kemenkes di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Selain dari menyiapkan lahan, kesiapan sumber daya manusia juga akan segera disiapkan. Mulai dari dokter, perawat dan bagian lainnya.

“Tadi Pak Menteri juga menanyakan langsung secara teknis kesiapan tenaga medis kita. Baik dokter spesialis maupun perawat dan itu semua sudah kita siapkan,” kata Syamsuar

Sementara terkait pembangunan fisik bangunan rumah sakit tersebut sepenuhnya akan menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Harapan pak Kemenkes tadi, tahun ini sudah mulai dibangun. Tapi ini kewenangan pemerintah pusat, yang jelas usulan kita diterima pak presiden dan beliau langsung menugaskan pak Menteri Kesehatan untuk menindaklanjutinya,” katanya.

Sejauh ini Pemerintah Provinsi Riau sudah menyiapkan lahan seluas 10 hektare untuk pembangunan rumah sakit pusat otak dan jantung di Provinsi Riau.

Lokasi lahan yang disiapkan untuk pembangunan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan ini berada di Jalan Naga Sakti, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan Pekanbaru. Lokasinya tidak jauh dari Stadion Utama Riau. (***)

Advertisement

Trending