Connect with us

Natuna

Tahapan Pilkada 2024 Sudah Dimulai, Syarat Perseorangan 5.741 Dukungan Warga

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20240405 Wa0068
Ketua KPU Natuna Kusnaidi.

Natuna, Kabarbatam.com  – Ketua KPU Natuna Kusnaidi mengatakan, tahapan pemilu kepala daerah (Pilkada) Bupati dan wakil Bupati tahun 2024 sudah di mulai sejak 1 April kemarin.

“Tahapan sosialisasi pilkada sudah dimulai sejak di launching maskot pilkada pada 1 April di KPU Provinsi kemarin. Rencananya maskot pilkada Natuna bertema Kekah akan di launching setelah lebaran ini,” kata Kusnaidi, Jumat (5/4).

Tahapan sekarang ini katanya, KPU mulai melakukan perekrutan badan adhoc, baik PPK dan PPS serta penerimaan pemantau pilkada setelah berakhirnya libur nasional.

Sementara jadwal pendaftaran calon sambungnya, sudah dimulai dibulan Mei mendatang untuk calon perseorangan. Dengan melengkapi syarat bukti dukungan warga sebanyak 5.741 pemilih.

“Jumlah dukungan untuk calon perseorangan sebanyak 10 persen dari data pemilih, berupa melampirkan bukti KTP,” ujarnya.

Sementara pendaftaran calon dari partai politik dibuka pada bulan Agustus. Dengan syarat 20 persen perolehan suara di legislatif atau 4 kursi di DPRD, dapat mengusung paslon.

“Tahapan pilkada bulan September sudah masuk pada masa kampanye sekitaran 60 hari. Sebelum hari pencoblosan pada Rabu, 27 November mendatang,” Jelasnya. (Man)

Advertisement

Nasional

Trending