Connect with us

BP Batam

Tinjau Pelabuhan Batuampar, Kepala BP Batam: Revitalisasi Dilakukan agar Pengelolaan Pelabuhan Lebih Baik

Published

on

Foto Batam, HM Rudi, Kepala BP Batam HM Rudi, Kota Batam, Pelabuhan Batuampar Batam, revitalisasi pelabuhan batuampar
Hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi meninjau proses revitalisasi Pelabuhan Batuampar, Batam, Senin (17/5/2021) pagi.

Batam, Kabarbatam.com – Hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi meninjau proses revitalisasi Pelabuhan Batuampar, Batam, Senin (17/5/2021) pagi.

Turut hadir mendampingi Rudi, sejumlah pejabat BP Batam, di antarnya Anggota Pengusahaan BP Batam Syahril Japarin, Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam Dendi Gustinandar, dan beberapa pejabat otoritas pelabuhan.

Sesampainya di pelabuhan, Rudi melihat pembongkaran pergudangan Persero yang berada di bagian Utara pelabuhan. Dalam rancangannya di area dalam pelabuhan nanti tak ada lagi bangunan. Semua area darat akan digunakan sebagai tempat menyusun kontainer.

“Semua bangunan di sini tak ada lagi, termasuk perkantoran akan kita pindahkan. Area pelabuhan akan dimaksimalkan. Tak seperti pelabuhan jaman dulu lagi,” kata Rudi.

Rudi mengatakan revitalitasi ini tak lain adalah untuk membuat pengelolaan pelabuhan yang lebih baik.

Foto Batam, HM Rudi, Kepala BP Batam HM Rudi, Kota Batam, Pelabuhan Batuampar Batam, revitalisasi pelabuhan batuampar

“Semua akan kita perbaharui, termasuk alat angkat. Pelabuhan akan dipagar sehingga area steril, tak ada lagi orang yang tak berkepentingan masuk ke area pelabuhan,” kata Rudi.

Selain pembangunan fisik, lanjut Rudi, saat ini juga sedang dibangun sistem yang nantinya dapat mengontrol secara cepat, mulai dari jadwal kedatangan kapal, pembongkaran, dan alur keluar masuk barang. Sistem itu nantinya juga akan terhubung dengan Batam Logistics Ecosystem (BLE) yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

“Sistem harus berjalan. Sedang kita siapkan aksesnya. Sehingga nantinya bisa menghitung waktu kedatangan, bongkar muat, dan kapal keluar akan tahu,” kata Rudi.

Rudi yakin jika nantinya revitalitasi ini selesai, proses bongkar muat di Pelabuhan Batuampar akan meningkat.

“Pembangunan tentunya bertahap sesuai anggaran. Tahun ini lelang container crane. Dua yang ada saat ini masih sewa,” ungkapnya.

Foto Batam, HM Rudi, Kepala BP Batam HM Rudi, Kota Batam, Pelabuhan Batuampar Batam, revitalisasi pelabuhan batuampar

Di banyak kesempatan Kepala BP Batam, HM Rudi memaparkan rencananya merevitalisasi Pelabuhan Batuampar.

Rudi mengatakan pengembangan pelabuhan ini merupakan salah satu dari sekian lompatan besar yang akan dilakukan di Batam. Menurut Rudi, jika hal ini dapat terselesaikan ekonomi Batam akan berkembang.(arn)

Advertisement

Trending