Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Karimun

Utamakan Keselamatan Kerja, PLTU Soma Karimun Gelar Apel Peringatan K3 Nasional

Published

on

Foto Apel Peringatan K3 Nasional, k3 nasional, PLTU Soma Karimun
PLTU Soma Karimun menggelar apel bersama peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) Nasional Rabu (12/1/2022) pagi.

Karimun, Kabarbatam.com – PT. Acset Indonusa selaku main contractor pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Soma Karimun terus berkomitmen dalam memastikan keselamatan dan kesehatan kerja bagi pekerjanya.

Komitmen Perusahaan di proyek PLTU Soma Karimun tersebut salah satunya dengan menggelar apel bersama peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) Nasional Rabu (12/1/2022) pagi

Apel bersama itu turut dihadiri oleh Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Kepulauan Riau, Ria Iswety dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Industri (Kadisnakerind) Kabupaten Karimun, Ruffindy Alamsjah.

Hari K3 Nasional sendiri diperingati mulai 12 Januari 2022 sampai 12 Febuari 2022.

Adapun tema yang diusung oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI pada peringatan bulan K3 tahun ini yakni, ‘Penerapan Budaya K3 Pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi’.

Kadisnakerind Karimun, Ruffindy Alamsjah memberikan apresiasi atas digelarnya apel bersama peringatan bulan K3 nasional oleh PT. Acset Indonusa selaku Main contractor PLTU Soma Karimun.

“Kita memberi apresiasi kepada PT. Acset Indonusa selaku main contractor pembangunan PLTU Soma Karimun karena telah menjadi perusahaan pertama yang melaksanakan apel peringatan bulan K3 Nasional di tahun ini, semoga perusahaan lainnya segera mengikuti,” ujar Ruffindy.

Foto Apel Peringatan K3 Nasional, k3 nasional, PLTU Soma Karimun

Ruffindy mengatakan, bulan K3 Nasional yang diperingati setiap tahunya bertujuan untuk mengingatkan setiap perusahaan tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja.

Menurutnya, K3 sangatlah penting dan harus dibudayakan oleh setiap perusahaan, khususnya yang beroperasi di Kabupaten Karimun.

“K3 ini penting sekali, bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi perusahaan juga, semoga K3 bisa terus dibudayakan supaya bisa menekan angka kecelakaan kerja dan kalau bisa tidak ada kecelakaan kerja atau zero accident,” katanya.

Ruffindi menambahkan, pihaknya berencana untuk memberikan penghargaan bagi perusahaan apabila bisa mewujudkan satu juta jam kerja tanpa kecelakaan (laka) kerja

“Jangan sampai ada lost time injury atau waktu terbuang karena ada laka kerja, jika perusahaan bisa sampai satu juta jam kerja tanpa laka kerja, kita akan beri apresiasi bahwa K3 benar-benar diterapkan oleh perusahaan,” jelas Ruffindi.

Sementara itu, Idrus selaku General Services PT. Acset Indonusa mengatakan, pihaknya sangat berkomitmen untuk mewujudkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Selain mengimplementasikan tema dari pemerintah, pihaknya juga mengusung tema tersendiri dalam peringatan bulan K3 nasional tahun 2022.

“Temanya adalah Safety Mulai Dari Saya. Artinya, untuk membiasakan seluruh pekerja bahwa K3 itu tanggung jawab yang melekat di individu untuk diimplementasikan di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari,” kata Idrus.

Lebih lanjut ,Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Kepulauan Riau, Ria Iswety menjelaskan, bahwa pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap K3 di tiap perusahaan.

Hanya saja, ia mengakui pengawasan tersebut belum bisa dilakukan secara optimal karena kurangnya personel.

“Walau kurang personel, kita tetap dan terus berupaya sekuat kami untuk dapat melakukan pengawasan-pengawasan dengan dibantu ahli K3 di tiap perusahaan,” ucap Ria. (Yogi)

Advertisement

Trending