Connect with us

Kesehatan

7 Manfaat Air Rebusan Kemangi Bagi Kesehatan

Published

on

Foto AIr Rebusan Kemangi, Daun Kemangi, Kesehatan

Kabarbatam.com – Daun kemangi yang sering digunakan sebagai lalap atau penambah lezat masakan, memiliki manfaat lagi untuk menjaga kesehatan.

Daun kemangi juga mengandung manfaat sehat dan bisa mengatasi beberapa penyakit. Cara membuat air rebusan daun kemangi hanya perlu menyiapkan satu ikat daun kemangi dan 1 liter air putih.

Setelah itu rebus daun kemangi hingga air mendidih. Usai mendidih angkat dan saring airnya, bisa dicampurkan madu bila suka. Air daun kemangi siap untuk dikonsumsi.

Minumlah air rebusan daun kemangi secara rutin sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal selama 3 hari berturut-turut. Setelah itu minum sesuai kebutuhan secara kondisional.

1. Meningkatkan fungsi pembuluh darah

Di dalam daun kemangi terdapat kandungan isoflavin yang juga banyak terdapat di dalam kacang polong, kedelai dan buncis ini mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Ini sangat baik terutama bagi yang sedang mengalami penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah seperti stroke, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Konsumsilah secara rutin air rebusan daun kemangi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Membuat pria kuat

Kandungan komponen bioaktif nongizi sineol 1-8 yang ada di dalam daun kemangi bisa membantu masalah loyo pada pria. Selain itu juga bisa membuat tegangan pria menjadi maksimal sehingga masalah di ranjang bisa di atasi dan pasangan pun menjadi lebih puas. Siap goyang sampai subuh.

3. Mencegah kemandulan

Ada senyawa arginine dalam kemangi. Kandungan itu bisa mencegah kemandulan.

Tidak hanya itu, ada zat yang bisa merangsang hormon androgen dan estrogen. Manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan reproduksi. Dianjurkan dikonsumsi bagi pasangan yang ingin punya momongan.

4. Obat anti-radang

Radang sebenarnya adalah mekanisme alami yang dibuat oleh tubuh supaya tidak terjadi infeksi jika terjadi luka yang terjadi, baik di dalam maupun luar tubuh.

Namun, apabila radang yang diderita lebih lama dari waktu seharusnya, maka ini akan menjadi gangguan kesehatan. Zat eugenol di dalam daun kemangi bisa menjadi salah satu obat antiradang dan membuat peradangan menjadi cepat sembuh.

5. Mengatasi masuk angina

Masuk angin tidak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan perut kembung dan gangguan pada jantung.

Penyakit angin duduk pun bisa hadir jika masuk angin terus dibiarkan. Untuk mengatasi masuk angin tidak ada salahnya juga Anda menggunakan manfaat rebusan daun kemangi untuk mengatasi masuk angin supaya lebih cepat reda.

6. Mencegah keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami bagi wanita, tetapi kadang kala keputihan datang dengan tidak normal dan membuat area kewanitaan gatal dan sangat menganggu.

Kandungan eugenol yang ada di dalam daun kemangi bisa menghilangkan jamur penyebab keputihan yang sangat menganggu.

7. Mengobati masalah payudara dan area kewanitaan

Dalam buku A Dictionary of Practical Material Medical karya John Henry menyatakan, daun kemangi juga berkasiat mengatasi berbagai penyakit pada payudara dan area kewanitaan.(*)

Advertisement

Trending