Connect with us

Kesehatan

Manfaat Konsumsi Pisang, Salah Satunya Cegah Serangan Jantung dan Diabetes

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

ilustrasi pisang ok 1

Kabarbatam.com – Pisang adalah salah satu buah-buahan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Pisang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan seseorang. Beberapa di antaranya adalah magnesium, potasium, mangan, serat, protein dan vitamin seperti B6 dan C.

Mengkonsumsi pisang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kemungkinan kanker, dan bahkan menurunkan risiko serangan jantung. Pisang merupakan sumber yang kaya akan potasium.

Faktanya, satu buah pisang mengandung 455 mg potasium. Setiap detak jantung sangat bergantung pada kalium. Ini mendorong jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh 100.000 kali setiap hari.

Selain itu, memfasilitasi fungsi neuron, otot, membantu ginjal dengan penyaringan darah dan mengatur aliran nutrisi masuk dan keluar dari sel yang selanjutnya membantu dalam menjaga tingkat cairan tubuh.
Menurut penelitian baru, dokter pada akhirnya dapat membantu pasien untuk mencegah beberapa penyakit jantung dengan memeriksa kadar kalium. Berikut beragam manfaat buah pisang untuk kesehatan Anda yang mulai bisa dikonsumsi sekarang:

1. Pisang membantu mencegah serangan jantung
Penelitian baru menunjukkan bahwa makan pisang secara teratur dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Pisang dan makanan lain yang tinggi kalium dapat mencegah penyumbatan fatal yang dapat berkembang dan mencegah arteri dari pengerasan dan penyempitan.

Satu buah pisang memenuhi sekitar 10% kebutuhan kalium harian. Menurut penelitian, mereka yang asupan kaliumnya paling rendah memiliki risiko 50% lebih tinggi terkena stroke dibandingkan mereka yang asupan kaliumnya paling tinggi.

Diketahui secara luas bahwa asupan garam yang berlebihan meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Pisang juga mengurangi dampak negatif garam pada tubuh seseorang.

2. Mempertahankan memori dan meningkatkan mood
Triptofan, asam amino yang ditemukan dalam pisang, dapat membantu dalam pelestarian memori, meningkatkan kapasitas seseorang untuk belajar dan memori, dan mengatur suasana hati.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Pisang kaya akan serat dan air, dua nutrisi yang mendukung keteraturan dan kesehatan pencernaan. Satu buah pisang ukuran sedang memasok sekitar 10% kebutuhan serat harian seseorang.
Menurut sebuah penelitian, makan makanan tinggi serat bisa membuat penderita penyakit radang usus mengalami gas, kram perut, dan kembung. Namun, para peneliti menemukan bahwa makan pisang dapat membantu gejala tersebut.

4. Membantu mencegah diabetes
Makan pisang dan buah lain yang mengandung serat dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Penelitian juga menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mencegah risiko diabetes tipe 2. Namun, penderita diabetes harus mengonsumsi pisang dalam jumlah sedang.

5. Kelola tekanan darah
Masyarakat didesak untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya kalium sambil mengurangi asupan natrium, atau garam. Kalium dapat menurunkan stres kardiovaskular dan membantu mengendalikan tekanan darah.

Menurut data nutrisi, pisang berukuran sedang menawarkan hampir 10% dari kebutuhan kalium harian untuk seorang individu.

6. Mengurangi risiko kanker
Penelitian telah menunjukkan bahwa pisang dapat membantu dalam mencegah pertumbuhan sel Leukemia karena adanya protein yang dikenal sebagai lektin. Ini berfungsi sebagai antioksidan.

Antioksidan seperti ini membantu tubuh menyingkirkan radikal. Penumpukan terlalu banyak radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan akhirnya kanker. Para peneliti berhipotesis bahwa ini mungkin juga karena adanya vitamin C, yang memiliki kualitas antioksidan. (*)

Advertisement

Nasional

Trending