Connect with us

Parlemen

Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, Dewan Minta Dishub Batam Siagakan Bus Trans Batam

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Bus Trans Batam Angkut Penumpang Mudik
Bus Trans Batam mengangkut penumpang di Pelabuhan Batuampar, Kota Batam, beberapa waktu lalu.

Batam, Kabarbatam.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam berharap agar dinas terkait menyiagakan bus sebagai langkah antisipasi arus mudik Lebaran pada April 2024. Kehadiran bus sangat diharapkan sebagai sarana angkutan penumpang menuju pelabuhan atau bandara di Batam.

Demikian disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Batam, Muhammad Mustofa, belum lama ini. Ia meminta agar dinas terkait dalam hal ini Dishub Batam menyiagakan Bus Trans Batam sebagai antisipasi lonjakan arus mudik Lebaran tahun ini.

“Ini sebagai upaya antisipasi lonjakan penumpang yang akan menuju ke pelabuhan Batu Ampar. Begitu juga bus Damri di Bandara Internasional Hang Nadim agar dapat disiagakan sesuai kebutuhan,” ungkapnya.

Mustofa juga menyampaikan terkait banyaknya keluhan masyarakat terkait lonjakan harga tiket pesawat, sehingga sebagai alternatifnya banyak warga yang mudik menggunakan jalur laut.

Pihaknya juga meminta agar Dishub Kota Batam dan Provinsi Kepri memantau harga tiket baik transportasi laut maupun udara, agar tidak terjadi lonjakan yang dapat membebani masyarakat. Walaupun, kata Mustofa, Batam mendapatkan alokasi mudik gratis melalui Pelni.

Pihaknya memperkirakan mudik lebaran tahun kedua ini akan ada lonjakan penumpang. Sebab sebelumnya sempat ada larangan mudik dari pemerintah terkait Covid-19. Mustofa juga mengimbau agar masyarakat Batam bisa membeli tiket dari jauh hari.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Batam, Salim mengatakan pihaknya menyiapkan lima Bus Trans Batam di Pelabuhan Batu Ampar, Batam. Bus Trans Batam ini berfungsi untuk antar jemput penumpang Pelni dari ruang tunggu pelabuhan menuju kapal dan sebaliknya.

Tak hanya penumpang, bus tersebut juga mengangkut barang-barang yang dibawa oleh penumpang. Salim menambahkan, Dishub Batam tetap menyiagakan bus tambahan untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang. “Kita siapkan sesuai kebutuhan saja. Kalau minta tambah kita stand bye-kan saja,” pungkasnya. (man)

Advertisement

Nasional

Trending