Connect with us
THR The Harris Ramadan

Bintan

Buka Festival Kompang Bintan, Dewi Ansar Ajak Generasi Muda Warisi Nilai Budaya

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

PKP Store - PKP Online
Img 20230916 Wa0105
Festival Kompang Kabupaten Bintan resmi dibuka oleh Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar.

Bintan, Kabarbatam.com – Festival Kompang Kabupaten Bintan resmi dibuka oleh Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar.

Acara yang berlangsung di Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Mitra Karya Sejahtera, Desa Toapaya Selatan, Bintan Sabtu (16/9) ini bertujuan untuk mempromosikan dan melestarikan seni budaya kompang.

Dalam sambutannya, Dewi Ansar menyebutkan bahwa Festival Kompang tahun 2023 di Kabupaten Bintan adalah langkah konkret dalam melestarikan kebudayaan daerah. Ia juga menekankan pentingnya melestarikan kesenian kompang sebagai bagian dari identitas Bumi Melayu di Provinsi Kepulauan Riau.

IMG-20230916-WA0106

“Festival kompang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian di bidang kebudayaan Kepri. Kegiatan ini mampu meningkatkan kreativitas seni di bidang kebudayaan daerah, terkhusus kompang,” ujar Dewi Ansar.

Dewi Ansar berharap bahwa Festival ini dapat melahirkan tim kesenian kompang yang andal dan siap bersaing di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. Ia juga mengingatkan bahwa melestarikan seni budaya daerah adalah tanggung jawab bersama, dan ia mengajak semua pihak untuk terus menjaga dan mempromosikan seni kompang.

Kegiatan yang didukung oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri ini diikuti oleh 16 grup kompang yang terdiri dari Ibu-ibu BKMT di Kabupaten Bintan. Dewi Ansar memberi apresiasi kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri atas dukungannya dalam mengadakan acara ini.

IMG-20230916-WA0103

“Saya memberi apresiasi kepada¬†Kebudayaan Provinsi Kepri yang telah menaja Festival Kompang agar masyarakat Bintan bisa menampilkan bakatnya,” ungkap Dewi Ansar.

Ia juga mengimbau kepada panitia agar dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkesinambungan dan menjadikannya sebagai tradisi tahunan. Selain melestarikan budaya, kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan melestarikan warisan budaya daerah.

Dewi Ansar mengakhiri sambutannya dengan ajakan untuk bersama-sama menjaga nilai-nilai budaya, terutama budaya Melayu, agar tetap eksis hingga generasi berikutnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri Juramadi Esram, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan Arif Sumarsono, Ketua BKMT Kabupaten Bintan Rasmiati, Kabag Kesra Kabupaten Bintan Nasrullah, Camat Toapaya Irvan Golariyadi, Kepala Desa Toapaya Selatan Suhendra dan para peserta yang mengikuti kegiatan ini. (Ky)

Advertisement

Trending