Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Karimun

Bupati Karimun Serahkan Bus Bantuan Kemendes PDT untuk Dua Desa

Published

on

Foto Bupati karimun, Bus Bantuan Kemendes PDT, Kab Karimun, karimun
Dua desa di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menerima bantuan masing-masing satu unit bus dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Karimun, Kabarbatam.com – Dua desa di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menerima bantuan masing-masing satu unit bus dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Adapun kedua desa yang menerima bantuan tersebut adalah Desa Rawajaya, Kecamatan Moro dan Desa Lebuh, Kecamatan Belat.

Bantuan dua unis bus itu, diserahkan langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada Kades Rawajaya, Jamaluddin dan Kades Lebuh, M. Sirat di halaman rumah dinas Bupati Karimun, Selasa (14/9/2021) pagi.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, pengadaan dua unit bus tersebut berasal dari program Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.

Dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik senilai Rp1.080.617.075 yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun.

“Pengadaan ini sudah selesai dan sudah kita serahkan ke Desa. Selanjutnya, bus tersebut akan diarahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BumDes) masing-masing,” kata Bupati Rafiq.

Bupati mengatakan, dengan adanya tersebut diharapkan dapat membantu mobilitas masyarakat desa. Khususnya, kata dia, mobilitas para pelajar di kedua desa tersebut.

Foto Bupati karimun, Bus Bantuan Kemendes PDT, Kab Karimun, karimun

“Kita harapkan dua unit bus ini dapat membantu anak-anak sekolah, khususnya saat turun hujan agar mereka tetap bisa pergi ke sekolah tepat waktu,” kata Bupati Rafiq.

Bupati menjelaskan, bahwa dirinya meminta agar pengadaan bus untuk desa-desa tersebut dapat terus diprogramkan setiap tahunya. Menurutnya, seluruh desa di Kabupaten Karimun tentunya sangat membutuhkan pengadaan bus tersebut.

“Kita minta Dishub dapat memprogramkan nya lagi tahun depan, begitu juga seluruh OPD yang memiliki kegiatan untuk memajukan atau mempercepat pembangunan desa dan membantu masyarakat agar segera dapat dilaksanakan,” jelas Bupati Rafiq.

Sejauh ini, kata Bupati, sudah sebanyak 10 desa yang menerima bantuan bus tersebut.

Ia meminta agar pihak desa dapat mengoperasionalkan bus tersebut dengan baik dan tepat sasaran untuk mendorong pemasukan desa.

Selain itu, orang nomor satu di Karimun ini juga meminta agar pihak desa dapat rutin melakukan pengecekkan dan pemeliharaan terhadap bus-bus tersebut.

“Kita minta semua bus yang sudah diserahkan ke desa ini di cek kondisinya, jangan sampai hanya bertahan beberapa tahun saja,” ucap Bupati Rafiq.

Sementara itu, Camat Belat Aribowo Hadibroto mengaku bersyukur salah satu desanya menerkma bantuan bus tersebut.

Aribowo mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan bus tersebut untuk transportasi masyarakat desa. Khususnya, bagi pelajar.

“Tentunya, kami sangat bersyukur dan terma kasih atas bantuan tersebut, kita akan manfaatkan bus ini untuk transportasi masyarakat desa dan terutama untuk anak-anak sekolah,” katanya. (*)

Trending