Connect with us

Batam

Dampak Pematangan Lahan, Sejumlah Rumah Warga RW 09 Kabil Terendam Banjir

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20240521 Wa0287
Banjir landa pemukiman rumah warga di Rw 09, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Selasa (21/5/2024).

Batam, Kabarbatam.com – Aktivitas pematangan lahan berada persis bersebelahan dengan Pool Bus Trans Batam Kabil berdampak banjir hingga merendam rumah warga di Rw 09, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Selasa (21/5/2024).

Pantauan wartawan di lokasi, sejumlah rumah warga RW 09 terlihat digenangi banjir setinggi lutut orang dewasa. Hal itu disebabkan karena adanya penyempitan saluran drainase di Simpang Polsek Nongsa yang menjadi pusat aliran air dari pemukiman warga Kaveling Senjulung.

Img 20240521 Wa0267

“Sejak subuh rumah kami sudah kebanjiran. Tadi sempat surut, namun setelah pukul 12.00 Wib siang ini, hujan lebat kembali terjadi dan air naik lagi,” ungkap Santo.

Menurut Santo, pihak pengembang yang menggarap lahan di sebelah Pool Trans Batam Kabil dinilai tidak memikirkan nasib warga. Drainase yang harusnya di perluas, kini malah diperkecil hingga berdampak banjir ke pemukiman warga.

Img 20240521 Wa0268

“Seharusnya drainase di simpang Polsek Nongsa seharusnya di perbesar, bukan malah dikasih gorong-gorong kecil seperti ini. Kalau kaya gini kami bakal terus kebanjiran,” jelasnya.

Santo berharap, pentingya perhatian serius dari Pemerintah Kota Batam serta instansi terkait lainnya untuk mengatasi permasalahan ini. Jangan sampai, aktivitas clearing lahan mengganggu kenyamanan dan membuat suasana semakin keruh.

Img 20240521 Wa0269

“Kami berharap Pemerintah Kota Batam, BP Batam serta pihak kepolisian dapat mencarikan solusi terkait masalah ini. Warga sudah resah, bila perlu ditutup saja aktivitas clearing lahan tersebut,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Nongsa Kompol Restia Octane Guchy mengatakan, bahwa pihaknya saat ini tengah mencari jalan tengah dari permasalahan tersebut .

Img 20240521 Wa0270

“Saat ini, kita coba cari titik permasalahan ini dimana,” singkat Kapolsek Nongsa Kompol Restia Octane Guchy. (Atok)

Advertisement

Trending