Connect with us

Kesehatan

Diserang Sembelit, Ini 7 Makanan Alami yang Bisa Dikonsumsi

Published

on

Sembelit

Kabarbatam.com – Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi buang air besar yang tidak lancar, dan ini bisa menimpa setiap orang dari segala usia.

Penyebab sembelit biasanya berbeda, dan terkadang tidak ada alasan yang jelas mengapa mengalami sembelit. Biasanya, sembelit tidak selalu disebabkan oleh kondisi medis.

Penyebab paling umum dari sembelit ialah tidak makan cukup serat seperti buah, sayuran, dan tidak minum cukup cairan.

Terkadang perubahan rutinitas harian seperti pola tidur juga dapat menyebabkan konstipasi. Sembelit bahkan bisa terjadi karena samping obat atau masalah kesehatan mental seperti stres, kecemasan atau depresi.

Dirangkum dari express, Rabu (4/8/2021) ahli gizi dan pendiri The Gut Clinic, Hannah Richards mengatakan sembelit bukanlah gejala dari pola makan yang buruk, itu pertanda bahwa seluruh sistem pencernaan kurang optimal.

“Selalu terhidrasi dan memiliki serat yang cukup dalam makanan, itu berarti harus ada sayuran setiap kali makan. Itu merupakan persyaratan mutlak untuk usus yang sehat,” saran ahli gizi tersebut.

Hannah sangat menyarankan untuk tidak merokok dan minum segala jenis alkohol atau kopi dalam jumlah berlebihan.

Sebaliknya, isi dengan makanan berikut ini untuk membantu mengatasi sembelit:

1. Wortel Parut Wortel parut menambah serat, air, dan vitamin A. Wortel sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

2. Magnesium Magnesium menciptakan gerakan di usus. Namun, jika Anda mengonsumsi suplemen, berhati-hatilah agar tidak overdosis, atau Anda akan mendapatkan efek sebaliknya.

3. Air Banyak orang mengalami dehidrasi, kopi dan alkohol justru menambah keadaan ini. Dehidrasi akan membuat Anda sembelit, jadi cobalah minum enam hingga delapan gelas cairan sehari.

4. Kefir Kefir sangat bagus untuk sistem pencernaan karena probiotik meningkatkan kesehatan dan pergerakan pencernaan.

5. Apel Satu buah apel dalam sehari mampu menjauhkan sembelit. Apel mengandung pektin yang membantu pencernaan di usus kecil, dan juga memiliki efek pencahar.

6. Rhubarb Rhubarb tidak hanya enak saat musimnya, tetapi juga bagus untuk membantu buang air besar karena mengandung senyawa yang disebut sennoside A, yang memiliki efek pencahar pada tubuh.

7. Plum Plum mengandung Sorbitol, yang merupakan jenis gula alkohol yang sulit dicerna dalam tubuh. Ini membantu meringankan sembelit dengan menarik air ke dalam usus, dan akhirnya melancarkan buang air besar.(*)

Advertisement

Trending