Connect with us

Headline

Enam Prajurit Lanal TBK Naik Pangkat, Ini Penekanan Danlanal Letkol Laut (P) Maswedi

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20210402 Wa0123
Sebanyak enam prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Karimun, Kabarbatam.com – Sebanyak enam prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjungbalai Karimun (Lanal TBK) menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

Hal tersebut ditandai dengan upacara kenaikan pangkat yang dipimpin langsung oleh Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi M. Tr Opsla di Lapangan Apel Mako Lanal TBK, Jum’at (2/4/2021) pagi.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh jajaran Perwira Staf, Bintara, Tamtama serta PNS Lanal TBK.

Adapun kenaikan pangkat bagi keenam prajurit itu masing-masing dari Pangkat Pelda ke Peltu sebanyak 1 orang, Pangkat Serma ke Pelda sebanyak 1 orang, Pangkat Serka ke Serma sebanyak 2 orang, Pangkat Serda ke Sertu sebanyak 1 orang dan Pangkat Kopda ke Koptu sebanyak 1 orang.

Danlanal TBK Maswedi dalam amanatnya menyampaikan, bahwa kenaikan pangkat dalam kehidupan militer tidak hanya merupakan perubahan status dalam bentuk simbol pangkat baru.

Menurutnya, kenaikan pangkat tersebut mencerminkan adanya tuntutan perubahan berupa peningkatan tanggung jawab dan kualitas sumber daya manusia di setiap individu prajurit sesuai tugas dan jabatannya masing-masing.

“Sehingga, dengan semakin tingginya pangkat itu berarti identik pula dengan semakin tingginya tugas dan tanggung jawab yang diemban, di samping kenaikan pangkat ini sebagai wujud pengakuan dan penghargaan atas dedikasi dan prestasi selama bertugas,” ujar Danlanal Maswedi.

Kemudian, Maswedi menekankan kepada prajurit agar kenaikan pangkat tersebut dapat dijadikan sebagai motivasi dalam peningkatan moralitas dan etika keprajuritan.

Dengan begitu, kata dia, seorang prajurit dapat terpacu untuk meningkatkan Profesional dalam bertugas dan tentunya bakal tidak mudah tergoyahkan oleh hal-hal yang merugikan satuan dan citra diri sendiri.

“Prajurit juga harus dapat tampil sebagai panutan yang dapat dibanggakan oleh satuan, keluarga serta lingkungannya dengan mampu mengaktualisasikan makna pangkat yang sedang diemban saat ini dengan benar,” ucap orang nomor satu di Lanal TBK ini.

“Dengan begitu sanubari Prajurit juga akan tertanam suatu pemahaman dan sikap bahwa kenaikan Pangkat hanya diberikan kepada mereka yang berprestasi,” tambahnya.

Usai menggelar upacara kenaikan pangkat, hari bahagia bagi keenam prajurit itu dilanjutkan dengan syukuran dan tradisi TNI AL yaitu, penyiraman bunga dan meloncat ke laut yang disaksikan oleh seluruh jajaran Lanal TBK. (Yogi)

Advertisement

Nasional

Trending