Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Headline

Prodi Pendidikan Biologi UMRAH Gelar Pelatihan Penguatan Peran Guru Menyusun Dokumen dan RPP PRLH

Avatar

Published

on

Foto Gambar Prodi Pendidikan Biologi UMRAH Gelar Pelatihan Penguatan Peran Guru Menyusun Dokumen dan RPP PRLH - IMG 20200827 WA0079

Tanjungpinang, Kabarbatam.com -Program Studi  (Prodi) Pendidikan Biologi mengadakan kegiatan pelatihan dalam bentuk Webinar Pengabdian kepada Masyarakat dengan Tema “Penguatan Peran Guru dalam Penyusunan Dokumen dan RPP Terintegrasi Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) pada Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Kepri dan Nasional Tahun 2020”.

Pengabdian ini dilaksanakan daring (dalam jaringan) tanggal 26 Agustus 2020 menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan Prodi Pendidikan Biologi berbeda dengan kegiatan PKM sebelumnya yaitu pelaksanaannya secara online/daring.

Hal ini disampaikan ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Nurul Asikin, S.Pd., M.Pd.

“Kegiatan PkM Prodi Pendidikan Biologi pertama kalinya dilakukan secara daring, berbeda dengan kegiatan PkM sebelumnya yang dilakukan secara tatap muka. Hal ini dikarenaka kondisi pandemi covid-19 yang tidak memungkinkan dilakukan secara tatap muka”.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan guru dan tim adiwiyata sekolah dalam menyusun dokumen program adiwiyata (sekolah berwawasan, peduli dan berbudaya lingkungan).

Foto Gambar Prodi Pendidikan Biologi UMRAH Gelar Pelatihan Penguatan Peran Guru Menyusun Dokumen dan RPP PRLH - IMG 20200827 WA0078

“Tujuan dari kegiatan webinar ini yaitu untuk memberikan penguatan kepada para calon sekolah adiwiyata mengenai penyusunan dokumen Gerakan Peduli dan Berbudaya Hidup Sekolah (GPBLHS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terintegrasi Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) di Sekolah.” ujar narasumber sekaligus Seketaris Prodi Pendidikan Biologi Nurul Asikin S.Pd., M.Pd.

“Selain itu Webinar ini menjadi penting bagi setiap calon sekolah adiwiyata. Karena tujuan dari program adiwiyata sendiri adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.”

Diharapkan sekolah-sekolah yang mengikuti kegiatan pelatihan bisa menyusun dokumen dalam program adiwiyata, sehingga semakin banyak sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan yang sadar, peduli dan berbudaya lingkungan sehingga bisa meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi dan Nasional nantinya” tutupnya.

Kegiatan PkM dihadiri oleh berbagai unsur yaitu perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Kepri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DLH Kota Tanjungpinang, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan, Perwakilan LSM ALIM, serta secara khusus di hadiri oleh sekolah-sekolah calon sekolah adiwiyata Tk. Provinsi dan Nasional tahun 2020 mulai dari tingkat SD, SMP, SMA se-derajat se-kota Tanjungpinang dan Se-kabupaten Bintan.

Sekolah-sekolah yang merupakan calon adiwiyata antara lain yaitu SDN 010 Tanjungpinang Timur, SDN 013 Tanjungpinang Barat, SDN 005 Tanjungpinang Kota, SDN 002 Tanjungpinang Timur, SDN 014 Tanjungpinang Timur, SDN 004 Tanjungpinang Barat, SDN 012 Tanjungpinang Barat, SDN 004 Tanjungpinang Timur, SDN 008 Tanjungpinang Timur, SDN 001 Tanjungpinang Barat, SMPN Islam De’green Camp, SMPN 15 Tanjungpinang, SMPN 1 Tanjungpinang, SMPN 4 Tanjungpinang, SMPN 2 Tanjungpinang, SMPN 7 Tanjungpinang, SMPN 5 Tanjungpinang, SMPN 10 Tanjungpinang, SMPN 11 Tanjungpinang.

SMAN 1 Tanjungpinang, SMAN 2 Tanjungpinang, SMKN 1 Tanjungpinang, SMKN 2 Tanjungpinang, SDS Tunas bangsa, SDN 007 Seri Kuala Lobam, SDN 1 Toapaya, SDN 3 Toapaya, SDN 4 Toapaya, SMPN 4 Bintan, SMPN 15 Bintan, SMPN 20 pulau Pucung, MAN Bintan, SMAS Tunas bangsa, SMKN 1 Bintan timur.

Webinar ini diisi oleh para pemateri yang pakar sesuai dibidangnya yaitu Bpk. Kherjuli (Direktur LSM ALIM dan Tim Penilai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Kepri), dan Bpk. Assist. Prof. Nurul Asikin, S.Pd., M.Pd. (Sekjur Prodi Pend.Biologi FKIP UMRAH, Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat, dan Tim Penilai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Kepri).

Pada kegiatan webinar PKM ini terlihat para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan webinar yang dilakukan oleh para dosen biologi yaitu Nurul Asikin, S.Pd., M.Pd, dan Dr. Hj. Nevrita, M.Pd., M.Si. Agenda kegiatan pelatihan secara daring melalui aplikasi Zoom berjalan dengan lancar dan acara ditutup dengan foto bersama panitia, narasumber dan seluruh peserta kegiatan webinar dengan salam literasi lingkungan. (*)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending