Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Batam

Hujan Setengah Hari, 85 Rumah Warga Bida Kabil Terendam Banjir Setinggi Pinggang Orang Dewasa

Published

on

Foto Hujan Batam, nongsa, Warga Bida Kabil Terendam Banjir

Batam, Kabarbatam.com – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengguyur wilayah Kota Batam sejak siang hari ini mengakibatkan beberapa titik rumah warga mengalami kebanjiran.

Banjir terparah terjadi di Kaveling Baru, Bida Kabil, RT 03/RW 21, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa. Sebanyak kurang lebih 85 unit rumah terendam banjir kiriman setinggi pinggang orang dewasa, Selasa (2/11/2021) sekira pukul 14.00 Wib.

Ketua RT 03/RW 21, Subandi mengatakan, genangan air setinggi pinggang orang dewasa itu berasal dari beberapa RW serta komplek pertokoan PT Kaliban yang terpusat di RW 21, Kelurahan Kabil.

“Banjir kiriman itu berasal dari 5 RW dan PT Kaliban. Karena keberadaan RW 21 itu cekung, sehingga sangat mudah air masuk ke pemukiman. Ditambah lagi, posisi kita bertetangga dengan PT Kaliban,” ujar Subandi.

Dijelaskan Subandi, banjir yang melanda RT 03/RW 21 Kelurahan Kabil saat ini merupakan banjir terparah dari pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kali ini, kurang lebih 85 unit rumah terendam banjir setinggi pinggang orang dewasa,” jelasnya.

Foto Hujan Batam, nongsa, Warga Bida Kabil Terendam Banjir

Banjir terparah terjadi di Kaveling Baru, Bida Kabil, RT 03/RW 21, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

Lanjut, Subandi menyampaikan, selain banjir kiriman dari beberapa tempat, penyebab utama banjir itu terjadi karena adanya penyempitan pada drainase pemukiman warga di RW 21 yang hanya memiliki ukuran 1 meter saja.

“Harapan kami tidak muluk-muluk sekali, kami disini meminta aparat pemerintahan untuk segera memperbaiki drainase yang saat ini hanya berukuran 1 meter saja. Selain itu, tepat berada di bibir pintu air terdapat pipa air dengan ukuran cukup besar sehingga mengganggu aliran air pemukiman warga RT 03/RW 21 Kabil,” harapnya.

Terpisah, Lurah Kabil Safaat menyampaikan pada tanggal 11 Oktober 2021 lalu, pihaknya telah melayangkan surat ke Bina Marga untuk melakukan normalisasi drainase RT 03/RW 21 Kelurahan Kabil.

“Mungkin karena alatnya tidak begitu banyak dan terkendala cuaca maka normalisasi itu tertunda. Mudah-mudahan besok pagi datang alat berat untuk normalisasi,” pungkasnya.

Sekira pukul 17.30 Wib, banjir yang melanda RT 03/RW 21, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa berangsur surut dan warga tengah berjibaku membersihkan sisa-sisa banjir yang menggenangi pemukiman tersebut. (Atok)

Trending