Connect with us

Lingga

Imigrasi Dabo Singkep Sosialisasikan E-Paspor di Desa Tanjung Harapan

akhlilfikri

Published

on

Imigrasi Dabo (1)
Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep menggelar sosialisasi tentang elektonik paspor di Kantor Desa Tanjung Harapan, Singkep, Lingga, Rabu (28/2/2024)

Lingga, Kabarbatam.com – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep mengadakan sosialisasi mengenai elektronik paspor (e-paspor) kepada masyarakat di Kantor Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau pada Rabu (28/2/2024).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep Yanto Ardianto melalui Heldi Khair Raja Ichsan, Kasi Dokumen dan Izin Tinggal Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, menjelaskan bahwa e-paspor merupakan layanan terbaru dari Direktorat Jenderal Imigrasi.

“Tahun ini, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep dipercaya untuk memberikan pelayanan Paspor terbaru yaitu elektronik paspor,” kata Heldi.

Keunggulan E-Paspor:

  • Memiliki chip yang menyimpan data biometrik pemegang paspor.
  • Kualitas lebih bagus dibandingkan paspor biasa.
  • Dapat digunakan di auto gate, sehingga tidak perlu pemeriksaan manual.

“E-paspor dapat digunakan di auto gate, sehingga tidak perlu pemeriksaan manual,” kata Heldi.

Harga E-Paspor sebesar Rp 650 ribu lebih mahal dibandingkan paspor biasa Rp 300 ribu, sementara untuk persyaratan permohonan elektronik paspor sama halnya dengan permohonan paspor biasa.

“Hanya saja, blanko paspornya yang berbeda, yaitu yang memiliki chip elektronik,” ungkapnya.

Ditambahkan Heldi, keunggulan elektronik paspor yakni memiliki chip yang menyimpan data biometrik pemegang paspor, lalui kualitas e-paspor lebih bagus dibandingkan paspor biasa.

Meski saat ini Imigrasi Dabo Singkep menjadi salah satu dari sekian banyak kantor imigrasi di Indonesia yang dapat melayani permohonan elektronik paspor, Kantor Imigrasi Dabo Singkep tetap melayani permohonan paspor biasa.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Desa Tanjung Harapan, Irwansyah mengucapkan terimakasih pada pihak Imigrasi Dabo Singkep yang telah melaksanakan sosialiasasi di Desa Tanjung Harapan.

Irwansyah berharap pada perangkatnya yang saat itu menjadi peserta untuk nantinya dapat kembali menyampaikan terkait layanan elektronik paspor di lingkungannya masing-masing.

“Terima kasih untuk Imigrasi Dabo yang telah melaksanakan sosialisasi elektronik paspor di tempat kami,” kata Irwansyah.

Advertisement

Nasional

Trending