Connect with us

Parlemen

Jelang PPDB 2021, DPRD Batam Minta Disdik Batam Akomodir Seluruh Siswa Jalur Afirmasi

Published

on

Foto Disdik batam, jalur afirmasi, PPDB, PPDB 2021, PPDB Batam
Suasana RDP DPRD Batam dengan Disdik Kota Batam.

Batam, Kabarbatam.com – Jelang penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020/2021, Komisi IV DPRD Kota Batam mengadakan rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Kota Batam, Kamis (3/6/2021).

Beberapa anggota DPRD Kota Batam, yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Ides Madri, meminta Disdik Kota Batam selaku penyelenggara PPDB untuk mengakomodir peserta didik dari jalur afirmasi.

“Kami meminta agar peserta jalur afirmasi di Batam bisa diakomodir semua. Jangan sampai mereka tidak diterima atau digeser ke sekolah lain. Percuma saja kita bantu kalau orangtua wali murid masih mengeluarkan biaya tambahan seperti ongkos ojek dan lainnya,” ujar Ides Madri.

Di samping itu, pihaknya juga mengimbau kepada orangtua peserta didik yang tergolong mampu agar dapat mempertimbangkan untuk memasukkan anaknya ke sekolah swasta. Sebab, kemampuan daya tampung sekolah negeri terbatas dan tidak dapat menampung semua peserta didik.

Hal senada juga disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman. Ia menekankan agar penyelenggara PPDB dan pihak sekolah dapat memprioritaskan peserta didik jalur afirmasi untuk dapat diterima seluruhnya.

“Kalau bisa anak yang mengambil jalur afirmasi ini diterima semua. Kalau tidak ke mana mereka akan bersekolah? Pemerintah kan juga mempunyai kewajiban menyukseskan program pendidikan 9 tahun,” tambah Aman.

Perlu diketahui, proporsi jalur masuk PPDB untuk tingkat SD dibagi menjadi 80 persen jalur zonasi, 15 persen jalur afirmasi, dan 5 persen jalur perpindahan kerja orangtua. Sedangkan untuk SMP, proporsi jalur zonasi sebanyak 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan 5 persen, dan jalur prestasi 30 persen.

Adapun pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini akan dimulai pada Juni 2021. Sama seperti tahun sebelumnya, masalah server yang padat menjadi problem yang harus diantisipasi.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman, menekankan kepada Disdik Kota Batam, agar mempersiapkan peningkatan kapasitas server beserta data centernya.

“Saya mengapresiasi penyelenggara karena sudah membagi jadwal pendaftaran yang berbeda di dua tingkatan. Selain itu, saya kira server pendaftaran ini juga perlu ditingkatkan kapasitasnya,” imbau Aman.

Dinas Pendidikan Kota Batam, dalam upaya mengatasi masalah ini, telah membagi jadwal pendaftaran PPDB menjadi dua sesuai jenjang pendidikannya.

Bagi jenjang Sekolah Dasar (SD), PPDB dimulai dari tanggal 8 sampai 15 Juni 2021, sedangkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), pendaftaran dibuka dari tanggal 16 sampai 23 Juni 2021. (wan)

Advertisement

Trending