Connect with us

Ekonomi

Kabar Harga Emas Hari Ini 29 September 2021

Published

on

emas

Kabarbatam.com  – Harga emas berfluktuasi pada perdagangan hari ini, Rabu (29/9/2021), setelah ditutup terkoreksi pada perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas di pasar spot terpantau menguat 0,12 persen atau 2,01 poin ke level US$1.736,02 per troy ounce pada pukul 08.44 WIB.

Sementara itu, harga emas berjangka kontrak Desember di Comex New York Mercantile Exchange terpantau melemah 0,16 persen atau 2,70 poin ke level US$1.734, 80 per troy ounce.

Harga emas sebelumnya melemah karena dolar AS menguat dan imbal hasil obligasi pemerintah AS melonjak di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve yang lebih cepat dari perkiraan.

Kepala analis komoditas TD Securities Bart Melek mengatakan dot plot yang ditetapkan oleh anggota FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) menandakan kenaikan suku bunga Fed yang lebih awal dari perkiraan,

“Pergerakan yang lebih tinggi melintasi kurva imbal hasil terus berdampak negatif pada emas,” kata Bart Melek, dilansir Antara, Selasa (28/9/2021).

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil. Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun yang jadi acuan naik kembali di atas 1,5 persen, level tertinggi dalam lebih dari tiga bulan, dengan pasar mulai memperhitungkan inflasi masa depan yang lebih tinggi.(*)

Advertisement

Trending