Connect with us

Ekonomi

Terpantau Menguat! Kabar Harga Emas Hari Ini 30 September 2021

Published

on

emas

Kabarbatam.com – Kabar harga emas bergerak menguat pada awal perdagangan hari ini, Kamis (30/9/2021).

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas berjangka di divisi Comex, New York Mercantile Exchange, terpantau menguat 0,38 persen atau 6,5 poin ke level US$1.729,40 per troy ounce pada pukul 08.12 WIB.

Sementara itu, harga emas di pasar spot terpantau menguat 0,2 persen atau 3,42 poin ke US$1,729,79 per troy ounce.

Harga emas ditutup melemah pada akhir pedagangan kemarin, Rabu (29/9) Harga emas jatuh ke level terendah dalam tujuh pekan setelah tertekan oleh reli dolar AS dan ekspektasi bawa Federal Reserve AS akan mengurangi pembelian aset dalam waktu dekat.

Apresiasi dolar membatasi kenaikan emas, kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals, karena membuat logam mulia tersebut lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

“[Jika] pasar saham menjadi tidak stabil lagi, emas dapat melihat permintaan safe-haven yang lebih baik memasuki bulan Oktober yang penuh gejolak secara historis,” tambah Wyckoff.

Greenback yang merupakan safe haven alternatif menguat ke level tertinggi satu tahun terhadap mata uang saingannya, meskipun kebuntuan di Washington atas pembahasan plafon utang AS berisko menjerumuskan pemerintah ke dalam penutupan atau shutdown.

Jika pemerintah mulai ditutup, maka harga emas dan perak dapat terangkat mengingat daya tarik safe haven mereka, ujar Wyckoff.

Sementara itu, imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun mengalami penurunan meskipun bertahan di atas 1,5 persen, level yang tidak terlihat sejak akhir Juni. Level ini masih menjadi tantangan bagi emas.(*)

Advertisement

Trending