Connect with us

Karimun

Karimun Naik ke Zona Orange, Tren Kasus Positif Covid-19 Justru Terus Menurun

Published

on

Foto covid di karimun menurun, Kab Karimun, karimun, Karimun zona orange, Kasus covid di karimun, Tren covid-19
RSUD HM Sani Karimun. (Foto: Fb RSUD HM Sani)

Karimun, Kabarbatam.com – Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau kembali ditetapkan zona oranye oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional

Perubahan status itu terjadi hanya berselang tiga hari setelah sebelumnya Karimun turun ke zona kuning selama 3 hari.

Meski berstatus zona oranye, perkembangan kasus Covid-19 terus menunjukan tren menurun setiap harinya.

Karimun yang sempat mencatat sebanyak 500 kasus aktif sejak awal Agustus 2021, kini per tanggal 10 September 2021 hanya mencatat sebanyak 84 kasus aktif yang tersebar di wilayah Karimun.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, perubahan status zona kuning menjadi zona oranye berdasarkan analisa langsung dari Satgas Covid-19 Nasional.

“Mungkin secara perkembangan angka kasus positif kita memang alami penurunan. Tetapi, analisa dari pusat, kemungkinan naiknya status ini karena faktor- faktor angka kematian yang masih belum menurun,” kata Rachmadi, Jumat (10/9/2021).

Rachmadi menjelaskan, bahwa saat ini positif rate Covid-19 di Kabupaten Karimun masih di atas 5 persen.

“Masih di 5 persen, ditambah juga dengan angka kematian di Karimun yang masih belum menurun. Pertanggal 10 September ini, jumlah kematian karena Covid-19 mencapai angka 146 orang,” jelas Rachmadi.

Diketahui, berdasarkan data tim gugus tugas per tanggal 10 September. Kabupaten Karimun saat ini mencatat sebanyak 84 kasus positif Covid-19.

Dari jumlah itu, sebanyak 13 pasien positif menjalani perawatan di rumah sakit penanganan Covid-19. Sementara sisanya menjalani isolasi terpadu dan isolasi mandiri (isoman).

Kemudian secara komulatif, angka Positif Covid-19 di Kabupaten Karimun telah mencapai 5285 kasus dengan rincian 5055 orang sembuh, dan 146 orang meninggal dunia. (Yogi)

Advertisement

Trending