Connect with us

Parlemen

Kasus Covid-19 Meningkat, DPRD Kota Batam Ingatkan soal Disiplin Protokol Kesehatan

Published

on

Foto Batam, disiplin prokes, DPRD Kota Batam, Kasus covid batam, kasus covid meningkat, Kota Batam, Protokol kesehatan
Foto ilustrasi

Batam, Kabarbatam.com – Ada kenaikan kasus Covid-19 di Kota Batam saat memasuki awal Ramadhan 2021. Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam mencatat sebanyak enam kecamatan kembali berstatus zona merah penyebaran Corona Virus Disease.

Adapun enam kecamatan tersebut, masing-masing; Kecamatan Batamkota, Bengkong, Lubukbaja, Sekupang, Seibeduk, dan Batuaji. Dari penelusuran kasus positif Covid-19 harian, kenaikan terjadi sejak pekan kedua bulan April 2021.

Adanya lonjakan jumlah kasus Covid-19 ini juga tak luput dari perhatian Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Ruslan Ali Wasyim. Ia menyampaikan apresiasi atas upaya dan langkah pemerintah membuka ruang untuk masyarakat menyambut bulan Ramadan.

“Namun demikian, masyarakat diimbau agar tidak kebablasan. Tetap harus menjaga amanah ini, yakni menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Ruslan, Rabu (14/4/2021). Kekhawatirannya beralasan, mengingat kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama beraktivitas cenderung menurun.

Hal ini pula yang membuat lonjakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam kembali meningkat. “Semua orang tentu jenuh dengan kondisi seperti ini. Semua serba terbatas. Tapi harus diingat, ini tak akan berakhir jika kita semua tak bergotong-royong untuk menghentikannya,” katanya lagi.

Selain itu, Ruslan menilai, menurunnya kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan juga akan berdampak ke sektor lainnya. Satu di antaranya yakni penundaan safe travel corridor hingga Mei 2021 mendatang.

“Padahal itu penting untuk membangkitkan sektor pariwisata kita. Oleh sebab itu, harus ada keyakinan yang diberikan ke negara tetangga bahwa kondisi Batam terus membaik dari hari ke hari,” jelasnya.

Ruslan berkali-kali mengingatkan, selain pemerintah, masyarakat ikut berperan penting dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Batam. Karena itu, Ruslan mengimbau masyarakat tetap patuh dan taat terhadap aturan hidup baru di tengah pandemi saat ini.

“Patuhi protokol kesehatan, tetap pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Ini adalah tanggung jawab seluruh elemen, baik pemerintah dan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya. (wan)

Advertisement
Bp Batam

Trending