Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Batam

KSM Bisa Disaksikan di Channel Youtube Dinas Kominfo Batam

Published

on

Pergelaran Kenduri Seni Melayu (KSM) tahun 2021 segera digelar. Acara yang bertema "Semarak Seni Gemilang Budaya" ini akan digelar di Atrium Kepri Mall, Batam Center, 9-10 Desember 2021.

Batam, Kabarbatam.com – Pergelaran Kenduri Seni Melayu (KSM) tahun 2021 segera digelar. Acara yang bertema “Semarak Seni Gemilang Budaya” ini akan digelar di Atrium Kepri Mall, Batam Center, 9-10 Desember 2021. Masyarakat Batam juga bisa menyaksikan melalui Channel Youtube Dinas Kominfo Batam.

“Kegiatan bisa disaksikan di Youtube Channel Dinas Kominfo http://diskom.info/ksm ,” kata, Ardiwinata, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Kamis (9/12/2021).

Ia mengatakan, KSM merupakan acara yang menyuguhkan beragam penampilan kebudayaan Melayu, seperti musik, pembacaan puisi yang dikemas dalam panggung pentas menarik dan menghibur. Untuk tahun 2021 ini, KSM menghadirkan Gazal yakni salah satu bentuk seni musik lama.

“Lewat KSM ini mengangkat kembali musik gazal yang sudah lama tidak dimainkan di Batam,” katanya, Selasa (7/12/2021).

Pergelaran Kenduri Seni Melayu (KSM) tahun 2021 segera digelar. Acara yang bertema “Semarak Seni Gemilang Budaya” ini akan digelar di Atrium Kepri Mall, Batam Center, 9-10 Desember 2021.

Ardi menginformasikan, KSM ini menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam, sejak pertama kali digelar pada tahun 1999. Untuk tahun 2021 ini merupakan kegiatan yang ke-23.

“Event tahunan ini juga rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Batam (HJB) yang ke-192,” ujarnya.

Selain musik Gazal, KSM akan dimeriahkan dengan Joget Dangkong, musik, puisi, atraksi gasing dari Belakang Padang, dan sebagainya. Ardi mengungkap, KSM biasanya diikuti oleh negara serumpun, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan peserta lainnya. Namun, situasi saat pandemi Covid-19 maka KSM bakal dihadiri peserta dari Tanjungpinang dan Riau.

“Harapannya kita bisa KSM kembali digelar secara terbuka diikuti negara rumpun Melayu, sebagai wadah berkumpul dan melestarikan khazanah budaya Melayu,” pintanya.(***)

Trending