Connect with us

Headline

Mabes TNI AL Beri Sosialisasi Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi di Lanal TBK

Published

on

Foto Danlanal Karimun, Lanal Karimun, Mabes tni al, Zona Integritas
Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi dalam acara Sosialisasi Zona Integritas dan Pelatihan Reformasi Birokrasi Bidang Tata Laksana tahun 2021 oleh Mabes TNI AL di Lanal TBK.

Karimun, Kabarbatam.com – Jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) melaksanakan Sosialisasi Zona Integritas dan Pelatihan Reformasi Birokrasi Bidang Tata Laksana tahun 2021 oleh Markas Besar (Mabes) TNI AL.

Sosialisasi yang dipimpin oleh Katim Bidang Management bidang perubahan Sahli Kasal Kolonel Laut (P) Hadi Susilo itu dalam rangka pendalaman materi untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kegiatan yang digelar di Ruang Pertemuan Hotel Holiday Karimun itu berlangsung pada Senin (5/4/2021) sampai Selasa (6/4/2021).

Paban I Ren Sopsal Bidang Tata Laksana Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah.

Lanjutnya, menyangkut aspek-aspek kelembagaan, tata laksana, sumber daya manusia aparatur dan pelayanan publik, reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Reformasi di sini merupakan proses pembaharuan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, sehingga tidak termasuk upaya dan atau tindakan yang bersifat Radikal dan Revolusioner,” katanya.

Aswan Candra menjelaskan, pentingnya sosialisasi ini untuk menunjang implementasi tugas dan fungsi dari organisasi satuan kerja (satker) agar dapat terlaksana secara optimal.

Foto Danlanal Karimun, Lanal Karimun, Mabes tni al, Zona Integritas

Menurutnya, pembangunan zona integritas menjadi suatu hal yang mutlak dilakukan, melalui pembangunan 6 area perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, serta Peningkatan Pelayanan Publik.

Lebih lanjut, Aswan Candra menyebutkan bahwa Zona Inegritas merupakan Predikat yang diberikan kepada Satker yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui Reformasi Birokrasi. Khususnya, dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas Pelayanan Publik.

“Predikat tersebut didapat melalui beberapa tahapan dalam pembangunan zona integritas. harapannya tentu untuk peningkatan Satker-satker TNI AL untuk memperoleh status WBK dimasa mendatang,” ucap Kolonel Laut Aswan Candra.

“Dengan begitu, kami memberikan pedoman bagi para Prajurit berupa buku saku pembangunan zona integritas TNI AL bidang tata laksana. Buku saku ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pembangunan Zona Integritas WBK dan WBBM,” tambahnya.

Sementara itu, Danlanal TBK Letkol Laut (P) Maswedi mengatakan, dilakukannya Sosialiasi tersebut, mengingat pihaknya merupakan salah satu satuan kerja (satker) yang ditunjuk untuk Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

“Sosialisasi ini perdana, sehingga ini perlu agar jajaran Lanal TBK dapat memahami bagaimana seperti menginput data, mengirim kegiatan dalam rangka mengisi seluruh data atau dokumen yang diperlukan untuk meraih WBK dan WBBM,” katanya.

Lanjutnya, Sosialisasi tersebut juga bertujuan seperti bagaimana pihaknya untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat, contohnya bagaimana fungsi Pos Pengaduan Masyarakat dikomunikasikan oleh Lanal TBK.

Maswedi menyebutkan, pada tahun 2020 terdapat lima (5) satker dilingkungan TNI AL berhasil meraih predikat WBK dan WBBK.

“Kita berharap juga dapat meraih predikat WBK dan WBBM. Untuk mencapainya, Saya harap jajaran Lanal TBK dapat mengikuti sosialisasi ini dengan sebaik mungkin agar Kita bisa memenuhi segala kebutuhan dalan syarat meriah predikat tersebut,” ucap Danlanal Maswedi.

Diketahui, sebelumnya Lanal TBK telah melakukan pencanangan Zona Integritas sebagai wujud keseriusan meraih kedua predikat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) itu, pada 17 Maret 2021 lalu.

Advertisement
Bp Batam

Trending