Connect with us

Internasional

Malaysia Cabut PPKM Domestik, Warga Boleh Pergi ke Luar Negeri

Published

on

malaysia

Malaysia, Kabarbatam.com –  Malaysia mencabut pembatasan perjalanan domestik dan internasional bagi penduduk yang telah merampungkan vaksinasi Covid-19 mulai Senin (11/10).

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengatakan pemerintahannya setuju mengizinkan warga Negeri Jiran bepergian ke luar negeri tanpa perlu mengajukan izin lagi.

“Kita harus melatih diri untuk hidup dengan Covid-19, karena Covid-19 mungkin tidak bisa dihilangkan sepenuhnya,” ucap Ismail Sabri dalam jumpa pers di Putrajaya, Kuala Lumpur.

Dikutip Reuters, Ismail Sabri menuturkan Malaysia tengah bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19, sama seperti Australia dan Singapura yang baru-baru ini mengumumkan rencana serupa.

Ia menuturkan ketika fase new normal berlaku, Covid-19 akan dianggap sebagai penyakit endemik lain seperti flu biasa.

Ismail Sabri mengatakan pemerintah tidak akan memberlakukan penutupan wilayah (lockdown) lagi ketika fase new normal berlaku meski kasus infeksi Covid-19 meningkat.

Rencana hidup berdampingan ini dimantapkan Malaysia setelah negara tetangga Indonesia itu berhasil memvaksinasi 65 persen lebih penduduk dewasanya, termasuk yang berusia 12-17 tahun, per akhir pekan lalu.

Pemerintah juga mulai membangkitkan kembali sektor pariwisata Negeri Jiran. Situs wisata Langkawi pun telah menerima gelombang turis lokal baru-baru ini.

Rencana hidup normal ini pun berlangsung tak lama setelah Malaysia menghadapi lonjakan infeksi Covid-19 akibat penyebaran varian Delta corona.

Negara Asia Tenggara itu kini mencatat total 2,3 juta infeksi Covid-19 dengan 27.265 kematian.(*)

Advertisement

Trending