Connect with us

Lingga

Menuju PPKM Level 1 Dinkes Lingga Gesa Vaksinasi Lansia dan Penginputan Pcare

Published

on

Foto Dinkes Lingga, lingga, pcare, surveilan dinkes lingga

Lingga, Kabarbatam.com – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga melalui Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinkes PPKB Lingga gesa vaksinasi Lansia dan penginputan data pada aplikasi Pcare.

Plt Kepala Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Lingga, Recky Sarman Timur mengatakan, untuk mencapai status PPKM level 1 ada beberapa yang harus diselesaikan, meski secara manual capaian vaksinasi dan indikasi lainnya seperti terkonsirmasi positif, tracing, treatment dan testing sudah dalam keadaan terkendali dan tercapai.

“Tinggal lagi memang yang menjadi tugas kita adalah peng-inputan data Pcare. Alhamdulillah secara manual kita sudah mencapai angka 60 persen, pemerintah pusat menetapkan itu minimal untuk penentuan PPKM level 1,” kata Recky Sarman Timur, Selasa (02/11/2021)

Jika tidak terkendala, dijelaskan Recky Sarman Timur, penginputan data pada aplikasi Pcare terselesaikan sesuai dengan kondisi dan data yang ada di sejumlah Puskesmas se-Kabupaten Lingga, pada tanggal 7 November 2021 Kabupaten Lingga berada pada status PPKM level 1.

“Secara manual Alhamdulillah kita sudah diangka 60,77 persen manual, sebelum tanggal 6 September kita sudah menginput data melalui aplikasi Pcare, kalau 60,77 persen itu sudah masuk semua, Insya Allah pada tanggal 7 November 2021 Lingga sudah pada PPKM level 1,” ungkap Recky

Recky mengungkapkan, terdapat satu wilayah yang vaksinasinya masih rendah yakni di wilayah kerja Puskesmas Resang, namun secara umum terkait vaksinasi Lansia perlu ditingkatkan kembali dalam memberikan edukasi pada masyarakat. Recky berasumsi rendahnya capaian vaksinasi Lansia di beberapa wilayah terkait adanya kabar hoax.

Untuk itu, Recky mengajak setiap individu bersama-sama mensukseskan vaksinasi guna tercapainya Herd Imunity dengan saling memberikan edukasi dan informasi yang valid atau pengalaman vaksinasi nya pada kerabat dan tetangga agar masyarakat tidak terkontaminasi kabar hoax terkait vaksin.

“Untuk wilayah vaksinasi terendah saat ini di Puskesmas Resang, secara umum memang terkait Lansia perlu edukasi yang sangat-sangat tinggi daripada kita semua untuk masyarakat. Dari kita semua dari Kabupaten, TNI-Polri sebelumnya sudah memberikan edukasi mengajak masyarakat khususnya di Resang itu, namun memang masyarakat ini banyak mungkin mendengar kabar hoax,” kata Recky

Sementara itu, ditambahkan Kasi Surveilan dan Imunisasi Dinkes PPKB Kabupaten Lingga Melyanti mengatakan, untuk saat ini di Kabupaten Lingga tersedia 4 jenis vaksin yakni Astrazeneca, Sinovac, Pfizer dan Moderna. Guna tercapainya Herd Immunity dan PPKM level 1, Melyanti mengajak semua pihak ambil peran saling mengedukasi pentingnya vaksinasi. Sebab, diungkapkan Melyanti, vaksinasi dosis 2 di Kabupaten Lingga masih rendah

“Kami dari Surveilan akan mengejar dosis 2, untuk dosis 1 sudah tercapai Herd Immunity, tapi kalau dosis 2 kita dibawah 50 persen,” kata Melyanti

Menurut dia, rendahnya vaksinasi dosis 2 dikarenakan kurangnya minat dan kesadaran masyarakat untuk mencapai tujuan Herd Immunity atau kekebalan kelompok. Padahal, kata Melyanty nihilnya kasus terkonfirmasi positif saat ini dikarenakan dampak dari vaksinasi.

“Minat masyarakat, tujuan utama masyarakat bukan Herd Immunity, tujuan utama masyarakat kita adalah administrasi, kurangnya kesadaran bahwa pentingnya vaksinasi. Saat ini kita nol kasus aktif, ini salah satunya dampak dari vaksinasi, kalau dosis 2 tidak kita kejar untuk mencapai Herd Immunity tidak menutup kemungkinan kasus aktif kembali terjadi,” kata Melyanty

Setelah vaksinasi Lansia tercapai, kata Melyanti, pihaknya kembali menggesa vaksinasi dosis 2. Melyanty juga mengingatkan, meski saat ini nihil adanya kasus aktif terkonfirmasi positif Covid-19, masyarakat diharapkan tetap disiplin protokol kesehatan.

“Saat ini kita nol kasus aktif. Setelah vaksinasi Lansia tercapai kami akan kejar dosis 2,” kata Melyanti.(Fikri)

Trending