Connect with us

Batam

Mewakili Pemko Batam, Inspektorat Daerah ikuti Expo Pengawasan Intern 2024

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20240528 Wa0207
Pemerintah Kota (Pemko) Batam, turut serta dalam kegiatan Expo Pengawasan Intern 2024 di di Ballroom Kratakau, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (28/5/2024)..

Batam, Kabarbatam.com – Pemerintah Kota (Pemko) Batam, turut serta dalam kegiatan Expo Pengawasan Intern 2024 di di Ballroom Kratakau, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Kegiatan ini dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Expo ini mengusung trma Independensi Pengawasan untuk Akselerasi Pembangunan.

Inspektur Daerah Kota Batam, Hendriana Gustini, mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai media bagi Kementrian, Lembaga, Pemda dan BUMN atau BUMD untuk menampilkan hasil kontribusi pembangunan nasional dan peran serta APIP dalam 5 tahun terakhir, sebagai sarana belajar dan berbagi pengetahuan antar peserta expo.

“Ini juga sebagai sarana sosialisasi dan membangun citra kegiatan pengawasan Intern BPKP dan kementrian/lembaga/Pemda dan BUMN serta BUMD sebagai apresiasi BPKP kepada Mitra dalam membangun semangat kolaborasi dan kerja sama,” ujarnya.

Kegiatan expo ini dibuka langsung oleh Kepala BPKP RI, Muhammad Yusuf Ateh. Event tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumya dan tahun 2024 ini diikuti oleh 99 peserta dari Kementrian/Lembaga, Pemda, BUMN, dan BUMD.

“Pada stand Kota Batam yang ditampilkan adalah hasil-hasil dari pengasawan inspektorat Kota Batam, terdiri dari Hasil Evaluasi SPIP Terintegasi 2023, Hasil Evaluasi atas Penilaian Mandiri Kapasitas, Capaian MCP (Monitoring Centre of Prevention) wilayah Kepri khususnya Kota Batam, pencapaian kegiatan monitoring dan sosialisasi serta Pencapaian Kota Batam Memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada pemeriksaan Laporan Keuangan BPK sebanyak 12 kali berturut2 pada tahun 2013-2024,” katanya.

Selain itu, Batam juga mempromosikan pembangunan dan perkembangan infrastrukur serta pariwisata Kota Batam yang digagas oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yanh juga sebagai Kepala BP Batam.

“Ke depan, dengan adanya kegiatan expo ini, diharapkan peran APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah) di daerah dapat lebih berperan penting dalam pengawasan terkait kegiatan-kegiatan di OPD di pemerintahan daerah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengaku pihaknya berharap dengan pameran tersebut semakin memperluas promosi terkait Kota Batam, khususnya sektor pariwisata.

“Promosi terus kami gencarkan untuk mewujudkan target kunjungan wisman pad tahun ini sebanyak 2 juta kunjungan,” tutupnya. (*)

Advertisement

Nasional

Trending