Connect with us

Kepri

Pelatihan Jurnalistik Maritim Zona 2 Karimun-Lingga Resmi Dibuka

Published

on

Foto

Batam, Kabarbatam.com – Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta, Dr M Irhas Effendi, M.SI secara resmi membuka ‘In House Training Jurnalistik Maritim Berwawasan Kebangsaan’ Zona-2 Karimun-Lingga, Rabu (22/9/2021)

Dalam pelaksanaannya, In House Training Jurnalistik Maritim Berwawasan Kebangsaan’ zona-2 Karimun-Lingga akan berlangsung selama dua hari via zoom/virtual.

Hal Ini merupakan rangkaian dari pelatihan wartawan perbatasan yang digelar oleh Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan (LPKW) UPN Veteran Yogyakarta bekerjasama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Indonesia.

Setelah Zona-1 Batam-Tanjungpinang yang berlangsung pada Senin-Selasa (20-21/9/2021) kemarin, untuk zona-3 Anambas-Natuna (27-28/9/2021).

“Wartawan, memiliki peran strategis menyerap informasi, menginventarisasi segala potensi, dan menyebarkannya ke tengah masyarakat untuk mendukung pembangunan pemerintah,” ujar M Irhas Effendi.

Pada acara pembukaan pelatihan ini, dihadiri oleh Konsul dan Pejabat Utama Konsulat Amerika Serikat (AS) Medan, Gordon S. Church, Sekda Kabupaten Karimun, Dr. M Firmansyah, M.SI serta para pejabat Forkominda Karimun dan Lingga.

“Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui Kedubes AS dan Konsulatnya di Medan, merasa bangga bisa bermitra dengan UPN Veteran Yogyakarta untuk bisa menjalankan kegiatan yang penting ini,” ungkap Gordon S. Church.

Lanjut, Gordon menambahkan, usaha bersama semakin mendesak untuk mengamankan Laut Cina Selatan. Oleh karena itu, pelatihan ini menjadi sangat penting.

“Pelatihan ini telah mempertemukan kita untuk bersama memberikan informasi yang benar kepada masyarakat dan mengamankan laut kita bersama,” tuturnya.

Dijelaskan Gordon, media dan seluruh insan pers memiliki peran strategis menjaga keamanan dan keselamatan Laut Cina Selatan. Karena, media memiliki peran kekuatan untuk memberikan informasi ke publik yang mempengaruhi opini publik.

“Terimakasih kepada para wartawan dan peserta pelatihan yang tidak pernah lelah. Kami menantikan tulisan kalian,” tegasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Karimun, M Firmansyah mewakili Bupati Lingga, Aunur Rafiq menyampaikan apresiasinya kepada LPKW UPN ‘Veteran Yogyakarta dan Kedubes AS di Indonesia karena bersedia menggelar pelatihan ini di Zona Karimun.

“Dengan adanya pelatihan ini, maka adik-adik kami wartawan di Karimun akan dapat meningkatkan wawasan dan keilmuan mereka mengenai jurnalistik dan maritim,” pungkasnya. (R/Atok)

Advertisement

Trending