Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Batam

Pengurus IJTI Kepri Resmi Dilantik, Uji Kompetensi Jurnalis Program Utama di Tahun 2022

Published

on

Batam, Kabarbatam.com – Sejumlah pengurus Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kepulauan Riau masa bakti 2021-2025 secara resmi dilantik.

Sebanyak 15 orang pengurus IJTI Provinsi Kepri secara resmi dilantik oleh Ketua Umum IJTI Pusat Herik Kurniawan yang berlangsung di Hotel Aston Kota Batam, Selasa (14/12/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Asisten Ekonomi Pemprov Kepri Samsul Bahrum serta stekholder dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum IJTI Pusat Herik Kurniawan mengatakan, dengan rapat kerja daerah ini ada perihal penting untuk mensinkronkan kegiatan yang dibuat oleh Pusat bersama daerah sehingga memiliki akselerasi kecepatan tinggi.

“Ada beberapa hal yang ingin kita diskusikan. Paling utama, terkait kompetensi, advokasi dan bagaimana kita bisa mengkapitalisasi era media digital saat ini,” ungkap Ketua Umum IJTI Pusat Herik Kurniawan.

Sejumlah pengurus Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kepulauan Riau masa bakti 2021-2025 secara resmi dilantik.

Menurut Herik, saat ini tingkat aktivitas Jurnalis Televisi cukup tinggi dan mereka juga memiliki ruang kerja yang sangat besar sehingga IJTI Kepri memiliki program ke depan untuk mendirikan sebuah kantor berita untuk memasok segala bentuk informasi yang dibutuhkan.

“Pesan pertama, untuk pengurus IJTI Kepri adalah yang terpenting meningkatkan kompetensi dalam hal membuat kreatif sebuah konten. Kemudian, bagaimana cara menguasai sebuah teknologi dan jangan sampai ada kesalahan-kesalahan, karena itu sangat berdampak dan merugikan. Itu harus dijaga,” ujarnya.

Lanjut, Herik menyampaikan, Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) merupakan sebuah PR sepanjang masa. Dunia teknologi terus berubah apa lagi saat ini.

“Kinerja Jurnalistik bisa dikerjakan siapa saja. Namun, itu tidak cukup. Harus ada etika yang menjadi pegangan para jurnalis. Jadi kembali saya berpesan kepada Ketua IJTI Kepri supaya isme-isme Jurnalistik ini dapat disebar luaskan kepada rekan-rekan yang menjalankan kinerja Jurnalistik,” tegasnya lagi.

Diwaktu yang sama, Ketua IJTI Kepri Gusti Yennosa akrab disapa Oca menyampaikan bahwa IJTI Kepri pada tahun 2022 akan fokus kepada pelatihan dan Uji Kompetensi Jurnalis.

“Saat ini memang masih ada rekan-rekan kita dari Jurnalis Televisi yang belum Kompetensi dan Insya Allah program pelatihan serta Uji Kompetensi Jurnalis merupakan target utama kita pada tahun 2022,” jelas Oca.

Dijelaskan Oca, saat ini jumlah keseluruhan aggota IJTI Kepri hampir mencapai 60 orang Jurnalis Televisi. Tentu, hal ini tidak sedikitpun memutuskan semangat Oca untuk mengajak semua Jurnalis Televisi dapat bergabung dengan IJTI Kepri.

“Kita mengajak teman-teman dari televisi lokal dan video Jurnalis untuk dapat bergabung di IJTI Kepri. Mari kita bersama-sama belajar dengan satu wadah di IJTI Kepri,” pungkasnya. (Atok)

Trending