Connect with us
The Nove Apartment Nuvasa Bay

Headline

Plt Gubernur Kepri Bersama Bupati Karimun Bangun Pendopo Among Mitro di Kundur

Avatar

Published

on

Advertisement
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Slider

Karimun, Kabarbatam.com – Pembangunan Pandopo Among Mitro di Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau akhirnya terealisasi.

Hal itu dipastikan usai Plt Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto bersama Bupati Karimun H. Aunur Rafiq, melakukan peletakan batu pertama pembangunan pandopo untuk panguyuban suku Jawa tersebut.

Pembangunan tersebut apabila nantinya selesai diketahui akan menjadi Pandopo Dewan Pimpinan Cabang (DPC) pertama di Kabupaten Karimun.

“Alhamdulillah, akhirnya DPC Among Mitro akan memiliki pandopo sendiri yang dibuka dengan peletakan batu pertama oleh Plt Gubernur Isdianto dan Bupati Karimun Aunur Rafiq,” ujar Wiryanto, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Among Mitro Kabupaten Karimun.

Dikatakannya, pandopo ini sangat dibutuhkan mengingat warga Jawa di Pulau Kundur yang begitu banyak.

“Jumlah warga Jawa di Pulau Kundur itu banyak, oleh karena itu pembangunan pandopo among mitro ini sangat dibutuhkan sekali agar dapat menampilkan sekaligus melestarikan budaya-budaya Jawa,” kata wiryanto.

Meski, Paguyuban Among Mitro identik dengan ciri khas jawa, Wiryanto menjelaskan nantinya pandopo tersebut juga akan memiliki ciri khas Islam dan jawa.

“Pandopo ini jangan hanya menunjukkan ciri khas Jawa, jadi kami juga ingin ada ciri khas melayunya karena kita berada di tanah Melayu, kemudian karena mayoritas warga among mitro beragama Islam kita juga menampilkan ciri khas Islam di pandopo ini,” Jelasnya.

Wiryanto mengungkapkan, untuk membeli lahan berukuran 17 x 50 meter untuk pembangunan pandopo tersebut pengadaanya berasal dari DPC Kundur dan para donatur.

Sedangkan untuk bangunan pandopo menggunakan APBD Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Lahan itu pengadaanya langsung oleh DPC Kundur yang dibarengi dengan donatur-donatur, sedangkan pembangunan melalui APBD provinsi berjumlah Rp 885 juta lebih,” ungkapnya.

Sambung Wiryanto, ia mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau atas pembangunan pandopo tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah provinsi atas dukungannya untuk pembangunan pandopo among mitro di DPC Kundur ini,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepulauan Riau Idianto menyampaikan harapannya kepada seluruh warga among mitro di Kabupaten Karimun.

Ia mengharapkan adanya pandopo tersebut nantinya dapat digunakan untuk melestarikan budaya-budaya jawa.

“Among Mitro adalah panguyuban, maka warganya harus guyub, harus kompak untuk memanfaatkan pandopo ini untuk menampilkan sekaligus melestarikan budaya-budaya Jawa yang kita ketahui sangat berpotensi punah karena pengaruh zaman yang begitu canggih saat ini,” kata isdianto.

Senada dengan Plt Gubernur Kepulauan Riau, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengharapkan adanya pandopo ini dapat meningkatkan tali silaturahmi antar warga Jawa di Kabupaten Karimun.

“Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Plt Gubernur yang sudah datang kemari untuk meletakkan baru pertama pembangunan pandopo ini, semoga adanya pandopo dapat meningkatkan tali silaturahmi warga Jawa di Kabupaten Karimun, khususnya di DPC Kundur,” ucap Rafiq. (Gik)

Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Trending