Connect with us

Karimun

Puskesmas Durai Vaksinasi Covid-19 Warga Pesisir Pantai

Published

on

Puskesmas Durai Vaksinasi Covid-19 Warga Pesisir Pantai

Karimun, Kabarbatam.com – Berbagai upaya terus dilakukan oleh UPT Puskesmas Durai, Karimun, Kepulauan Riau untuk mendorong partisipasi warga mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal.

Tidak hanya dilakukan secara terpusat di Gedung Puskesmas, kali ini penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan di Pantai Teluk Laboh, Desa Telaga Tujuh, Minggu (6/6/2021).

Kepala UPT Puskesmas Durai, Kadarullah mengatakan, digelarnya vaksinasi di pantai itu, merupakan upaya pihaknya untuk mendorong partisipasi warga di wilayah pesisir dengan mendekatkan akses pelayanan vaksinasi tersebut.

“Kita jemput bola dan Alhamdulillah hanya dalam dua jam sebanyak 33 warga pesisir pantai ini sudah menerima penyuntikan vaksin Covid-19,” kata Kadarullah, Senin (7/6/2021).

Kadarullah menyebutkan, sejak dimulai pada Selasa 18 Mei 2021 lalu, sebanyak 608 warga di Kecamatan Durai telah menerima penyuntikan vaksin jenis AstaZeneca tersebut.

Puskesmas Durai Vaksinasi Covid-19 Warga Pesisir Pantai

Jumlah itu, kata dia, menunjukkan antusias warga untuk mengikuti pelaksanaan vaksinasi tersebut masih tergolong kurang.

Menurutnya, kurangnya antusias itu, terjadi karena masih adanya warga yang percaya dengan isu-isu negatif tentang vaksinasi tersebut di media sosial.

“Masih banyak warga yang takut karena percaya isu-isu di media sosial. Sebenarnya, ini hanya masalah komunikasi dan untuk mengatasi hal tersebut kami terus gencar melakukan promosi dan edukasi pentingnya vaksinasi ke warga baik melalui pertemuan ataupun melalui media sosial,” kata Kadarullah.

Terakhir, Kepala UPT Puskesmas Durai ini mengaku ke depannya akan kembali menggelar vaksinasi di tengah masyarakat atau secara out door.

Mengingat, hal tersebut juga merupakan instruksi dari Bupati Karimun, Aunur Rafiq agar dapat menggelar vaksinasi di tengah masyarakat, khususnya di hari libur.

“Ke depan kami akan kembali menggelar vaksinasi diluar puskesmas agar akses terhadap warga menjadi terjangkau, lebih mudah untuk memberikan pemahaman tentang vaksinasi serta dengan harapan agar warga merasa lebih nyaman,” ucap Kadarullah.

“Semoga dengan digelarnya vaksinasi ini bisa menambah antusias warga untuk mengikuti vaksinasi, hal tersebut bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga untuk melindungi keluarga,” tambahnya.

Diketahui, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di pantai tersebut turut dihadiri oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa.(Yogi)

Advertisement
Bp Batam

Trending