Connect with us

Lingga

Satu Kecamatan di Lingga Terendah Capaian Vaksinasi

Published

on

Kecamatan di Lingga
Vaksinasi | Foto : ilustrasi (Ist)

Lingga, Kabarbatam.com – Secara keseluruhan capaian vaksinasi di Kabupaten Lingga telah mencapai hampir 80 persen, namun dari capaian itu terdapat satu Puskesmas dari 13 Puskesmas yang capaiannya terendah yakni Puskesmas Resang, Kecamatan Singkep Selatan.

Kasi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Lingga, Melyanti mengatakan, berdasarkan data capaian vaksinasi Surveilan dan Imunisasi Dinkes Lingga pertanggal 13 Oktober 2021 capaian vaksinasi sudah hampir 80 persen dan saat ini sejumlah wilayah kecamatan berada pada zona hijau.

“Saat ini sejumlah wilayah per-Kecamatan di Lingga sudah berada pada zona hijau dan capaian vaksinasi secara keseluruhan pada usia 18 tahun keatas tercapai 79,19 persen dari total target sasaran, lalu untuk usia 12 sampai 17 tahun tercapai 72,18 persen dari total target sasaran,” kata Melyanti, Kamis (14/10/2021)

Dirincikan dia, secara total capaian vaksinasi di Kabupaten Lingga per 13 Oktober 2021 pada usia 18 tahun keatas tervaksin sebanyak 53.266 jiwa dari total sasaran 67.266 jiwa. Sementara pada usia 12-17 tahun tervaksin sebanyak 7.613 jiwa dari total target sasaran 10.547 jiwa.

Foto kabar lingga, kecamatan singkep selatan, lingga, puskesmas resang, vaksinasi

Melyanti, Kasi Surveilan dan Imunisasi Dinkes PPKB Kabupaten Lingga

Meski demikian, dari 13 Puskesmas dari 13 Kecamatan di Kabupaten Lingga terdapat satu kecamatan yang capaiannya masih rendah yakni Puskesmas Resang yang terletak di wilayah Kecamatan Singkep Selatan.

“Hingga saat ini untuk vaksinasi dari 13 Puskesmas yang paling rendah capaiannya itu di Puskesmas Resang,” ungkapnya

Melyanti mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama meng-edukasi masyarakat terkait pentingnya mendapatkan suntikan vaksinasi dengan mendatangi gerai vaksinasi terdekat atau ke Puskesmas setempat. Menurut Melyanti, setiap individu bisa menjadi agen bagian dari mensukseskan program vaksinasi dengan mengajak tetangga dan kerabat dilingkungan masing-masing untuk mendapatkan suntikan vaksinasi.

“Tentunya tujuan dari program vaksinasi ini guna mencegah, memutuskan dan menciptakan Herd Immunity (kekebalan kelompok) dari virus Covid-19 yang menular ini,” kata Melyanti

Meski Kabupaten Lingga berada pada zona hijau, Melyanti mengingatkan masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan, engan menghindari kerumunan, rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.(Fikri)

Advertisement

Trending