Connect with us

Headline

Temukan Sampah Menumpuk Pascabanjir, Ini Imbauan Plh Bupati Karimun Firmansyah

Published

on

Foto Banjir di karimun, sampah menumpuk, Sampah menumpuk pasca banjir
Pelaksana Harian (Plh) Bupati Karimun, Muhammad Firmansyah.

Karimun, Kabarbatam.com – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Karimun, Muhammad Firmansyah mengimbau warga untuk tidak lagi membuang sampah di saluran air.

Imbauan tersebut merupakan buntut dari terjadinya banjir yang merendam sejumlah rumah warga di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau saat hujan deras disertai angin kencang pada Jum’at (9/4/2021) malam.

Banjir yang terjadi hingga Sabtu (10/4/2021) dinihari itu dipicu oleh saluran air drainase yang tak mampu menampung debit air hujan karena banyaknya sampah.

Sehingga, jika terjadi hujan deras maka air di saluran tersebut dengan cepat meluap dan masuk ke pemukiman warga.

“Saya mengimbau masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di saluran air dan mari bersama-sama saling mengingatkan untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya,” ujar Plh Bupati Karimun Muhammad Firmansyah, Sabtu (10/4/2021).

Foto Banjir di karimun, sampah menumpuk, Sampah menumpuk pasca banjir

Kebiasaan masyarakat membuang sampah di saluran air tersebut dapat dilihat saat petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Karimun membersihkan central saluran air di wilayah Teluk air, Kecamatan Karimun.

Firmansyah mengatakan, petugas yang tengah melakukan pembersihan di saluran air tersebut menemukan banyak sampah.

Bahkan, sebuah sofa tempat duduk yang semestinya tidak dibuang ke saluran air juga ditemukan.

Dengan begitu, ia berharap kedepannya tidak ada lagi kebiasaan masyarakat yang sengaja membuang sampah di saluran air.

Menurutnya, jika sampah bahkan barang yang tergolong tidak seharusnya dibuang ke saluran tersebut, maka sangat rawan menyebabkan banjir di kawasan tersebut.

“Kita imbau ke masyarakat jangan jadikan saluran air ini sebagai tong sampah,” ucap Firmansyah.

Sementara itu,pihak kepolisian juga telah turun ke lokasi banjir dan berkoordinasi dengan pihak pemerintah untuk melakukan perbaikan di sejumlah saluran air.

“Kita telah turun dan berkoordinasi dengan pemerintah untuk melakukan perbaikan dan mengantisipasi banjir dengan memperbaiki saluran air,” kata Kapolsek Balai, AKP Buala Harefa. (Yogi)

Advertisement
Bp Batam

Trending