Connect with us

Batam

Turnamen Olahraga, Pameran Alutsista, dan Bazar UMKM Akan Meriahkan HUT ke-19 Yonif Raider Khusus 136/TS

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20231021 Wa0040
Dalam rangka memperingati HUT ke-19, Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti menggelar sejumlah pertandingan turnamen olahraga yang berlangsung di Markas Komando Yonif Raider Khusus 136/TS Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Batam, Kabarbatam. com – Dalam rangka memperingati HUT ke-19, Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti menggelar sejumlah pertandingan turnamen olahraga yang berlangsung di Markas Komando Yonif Raider Khusus 136/TS Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Diketahui, peringatan HUT ke-19 Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/TS tepat jatuh pada tanggal 29 November 2023 mendatang. Berbagai persiapan untuk memeriahkan hari jadi itu telah diselenggarakan sejak dini.

Komandan Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/TS, Mayor Inf Gede Dian Agus Pringgana mengatakan, pertandingan turnamen olahraga dalam rangka memperingati HUT ke-19, Yonif Raider Khusus 136/TS terbagi dua kategori yakni pertandingan olahraga militer dan pertandingan umum.

“Pertandingan olahraga militer ini, diikuti oleh personel Yonif Raider khusus 136/TS dan tidak dibuka untuk umum, melainkan hanya kompi saja. Tentu, pertandingan olahraga militer ini bertujuan untuk mencari kompi terbaik,” ujar Danyonif 136/TS Mayor Inf Gede Dian Agus Pringgana kepada awak media, Jum’at (20/10/2023).

Mayor Inf Gede Dian Agus Pringgana menjelaskan, dalam pelaksanaannya, pertandingan olahraga militer diikuti oleh 5 Kompi Yonif Raider Khusus 136/TS yang akan memperebutkan piala bergilir.

“Kita ada 5 Kompi terdiri dari Kompi A di Tanjungpinang, Kompi B di Tanjung Balai Karimun, Kompi Khusus, Kompi Markas dan Kompi Bantuan berada di Kota Batam. Kelima Kompi ini akan berkompetisi menjadi Kompi terbaik,” ungkapnya.

Selanjutnya, kategori olahraga umum, Yonif Raider Khusus 136/TS menggelar turnamen futsal dan lari 10 K. Kedua kategori olahraga ini, terbuka untuk umum dan tentunya dapat diikuti oleh masyarakat Kota Batam.

“Pertandingan turnamen futsal telah dibuka pada Kamis (19/10/2023) kemarin malam dan akan berlangsung selama 11 hari ke depan. Turnamen futsal ini diikuti oleh 32 tim. Bagi para pemenang, untuk juara 1 berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 5 juta, Juara 2 sebesar Rp 3 juta dan Juara 3 sebesar Rp 1 juta,” tuturnya.

Lanjut, Danyonif menyampaikan, pertandingan lari 10 K akan berlangsung pada tanggal 5 November 2023 mendatang dimulai pukul 06.00 Wib dengan titik kumpul Lapangan Sepak Bola Batalyon Yonif Raider Khusus 136/TS.

Nantinya, para peserta akan menempuh rute dari Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/TS menuju Jembatan 1 Barelang hingga Jembatan 2 Barelang dan garis finish kembali di Batalyon.

“Pertandingan lari 10 K, kita menargetkan 300 orang pendaftar. Kami buka dua kategori yakni umum pria-wanita dan kategori master pria-wanita. Sampai saat ini, sudah 125 orang yang telah mendaftar,” kata Danyonif.

Diketahui, bagi pemenang dalam pertandingan lari 10 K, juara 1 kategori umum berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp 3 juta beserta medali, Juara 2 sebesar Rp 2 juta beserta medali dan Juara 3 sebesar Rp 1 juta beserta medali.

Sementara, juara 1 kategori master mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2 juta beserta medali, juara 2 uang tunai sebesar Rp 1,5 juta beserta medali dan juara 3 uang tunai sebesar Rp 1 juta beserta medali.

“Jadi, seluruh peserta lari 10 K yang berhasil melewati garis finish akan mendapatkan medali. 50 orang pertama mendapatkan medali spesial dari kita dan selebihnya tetap mendapatkan medali reguler,” paparnya.

Perlu diingat kembali, batas pendaftaran pada tanggal 3 November 2023. Setelah batas pendaftaran berakhir, panitia pelaksana akan membagikan sejumlah alat perlengkapan bagi peserta untuk pelaksanaan pertandingan lari 10 K.

Danyonif menuturkan, rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-19 Yonif Raider Khusus 136/TS mendapat dukungan penuh dari PAMI Batam, Koni Batam, Organisasi Atletik Batam, Komunitas Lari dan Futsal. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh Bank BRI, Bank Jatim, Bank BJB, Bank BNI dan beberapa brand minuman isotonik.

Tak kalah menariknya lagi, pada saat pelaksanaan, Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/TS juga membuka sejumlah stand-stand bagi masyarakat untuk memasarkan produk UMKM sesuai bidangnya masing-masing sehingga terjadi perputaran ekonomi.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin bersosialisasi, berinteraksi serta menjalin silaturahmi dengan masyarakat Kota Batam. Kami juga akan memberikan kesempatan masyarakat untuk berfoto dengan perlengkapan serta kendaraan militer Yonif Raider 136/TS,” terangnya.

Menurut Danyonif, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk pencarian bakat bagi pemenang yang berpotensi untuk menjadi atlet untuk mewakili Provinsi Kepri dalam turnament skala daerah hingga tingkat nasional.

“Disini kita juga ingin menunjukkan bagaimana pola hidup sehat kepada masyarakat. Terpenting, melalui kegiatan ini kami Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/TS berharap dapat lebih merakyat, membaur dengan masyarakat dan menjadi patner masyarakat. Sehingga, apabila suatu saat ada masyarakat memerlukan bantuan sudah tidak segan-segan lagi dengan kita,” pungkasnya. (Atok)

Advertisement

Nasional

Trending