Connect with us

Lingga

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Kabupaten Lingga: Semangat Merah Putih Berkibar di Lapangan Merdeka Dabo Singkep

akhlilfikri

Published

on

Hut Ri Di Lingga

Kabupaten Lingga merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan penuh kebanggaan di Lapangan Merdeka Dabo Singkep, Kecamatan Singkep, Kamis (17/08/2023). Upacara tersebut berlangsung meriah dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dan instansi terkait.

Sejumlah pejabat yang hadir antara lain Kapolres Lingga, Danlanal Dabo Singkep, Pabung Kodim 0315/TPI, Puslatpurmar 9 Dabo Singkep, Kejaksaan Negeri Lingga, dan beberapa pejabat penting lainnya. Peserta upacara juga terdiri dari TNI-Polri, Satpol-PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Imigrasi Dabo Singkep, Lapas Dabo Singkep, Pramuka, KNPI Lingga, dan berbagai organisasi masyarakat lainnya.

Ketua Pelaksana Upacara Bendera Kemerdekaan RI ke-78, Kapolres Lingga, AKBP Fadli Agus, menjelaskan peran penting Paskibraka Merah Putih dalam upacara tersebut. Emilia, pelajar SMA Negeri 1 Singkep, menjadi pembawa baki, sementara komandan pleton dipegang oleh Mariyadi Trianda Lingga dari SMA Negeri 1 Lingga.

Pembentang bendera Merah Putih dipegang oleh Fahmi Arliansyah dari SMA Negeri 1 Lingga, pengulur bendera oleh Nyam Juli Harsono dari SMK Negeri 1 Singkep, dan penggerek bendera oleh M Talkah Al Haki dari SMA Negeri 1 Lingga.

“Upacara ini adalah wujud dari semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Para pelajar yang terlibat dalam Paskibraka Merah Putih menunjukkan dedikasi mereka untuk mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih dengan penuh kehormatan,” ujar AKBP Fadli.

Pada saat penurunan bendera, Baki Runi Dianti dari SMA Negeri 3 Lingga akan menjadi pembawa baki, sementara komando pleton dipegang oleh Maulana dari SMA Negeri 1 Singkep.

Semangat peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78 di Kabupaten Lingga terasa kental melalui keterlibatan aktif para generasi muda dalam upacara tersebut. Momentum ini menjadi ajang untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan pelajar serta memperkuat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Advertisement

Nasional

Trending