Connect with us

Kesehatan

10 Langkah Mudah Kelola Stres saat Rutinitas Sehari-hari

Published

on

stres
Foto ilustrasi.

Kabarbatam.com – Stres tidak bisa dihindari karena itu adalah bagian normal dari kehidupan sehari-hari. Untungnya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan dan mengatasi stres.

Dilansir dari womensweekly, Jumat (30/7/2021) berikut adalah cara terbaik untuk mengatasi sumber stres sehari-hari :

1. Tanda-tanda peringatan dini

Kenali tanda-tanda peringatan dini yang memberi tahu saat Anda stres. Ini bervariasi pada setiap individu tetapi mungkin termasuk hal-hal seperti mengencangkan rahang, menggemeretakkan gigi, sakit kepala atau merasa mudah tersinggung dan mudah marah.

2. Identifikasi pemicu

Identifikasi pemicu yang dapat meningkatkan tingkat stres dan membuat lebih sulit untuk mengatasinya. Jika suda mengetahui kemungkinan pemicunya, Anda dapat mengantisipasinya dan berlatih menenangkan diri. Atau bahkan menemukan cara menghilangkan pemicunya. Pemicunya mungkin termasuk larut malam, tenggat waktu, atau kelaparan.

3. Memiliki rutinitas

Membangun rutinitas dapat menenangkan dan membantu mengelola stres. Rutinitas dapat mencakup waktu yang teratur untuk berolahraga dan relaksasi, waktu makan yang teratur, waktu bangun dan waktu tidur, atau merencanakan ke depan untuk melakukan pekerjaan tertentu pada hari-hari tertentu dalam seminggu.

4. Keluarga dan teman

Habiskan waktu dengan orang-orang yang di sayangi dan yang peduli dengan Anda. Temui teman dan keluarga yang menurut Anda membangkitkan semangat daripada mereka yang menuntut. Bagikan pemikiran dan perasaan Anda dengan orang lain ketika ada kesempatan.

5. Ubah pola pikir

Perbedaan antara khawatir dan peduli, itu semua ada di dalam pikiran. terkadang rasa khawatir justru rentah terhadap stres. Pergeseran kecil dalam pola pikir dari mengkhawatirkan menjadi peduli ini dapat membantu menyesuaikan reaksi Anda terhadap stres.

6. Hindari perfeksionis

Tidak apa-apa jika telah membuat kesalahan. Mencoba untuk bebas dari kesalahan pada dasarnya seperti berjalan di atas kulit telur itu melelahkan dan menimbulkan kecemasan. Sikap perfeksionisme dan marah akan menghambat pertumbuhan dan kesuksesan.

7. Membuat pilihan

Pilih apa yang ingin Anda lakukan. Tinjau aktivitas harian dan mingguan untuk melihat apa yang dapat Anda ambil. Mengurangi tumpukan tugas yang dapat dinegosiasikan dapat sangat mengurangi stres.

8. Katakan hal yang menenangkan

Ketika stres, seolah ada seseorang yang sering mengatakan hal-hal yang berulang-ulang di kepala. Dan itu akan hanya menambah stres. Meskipun ini mungkin deskripsi yang. Cobalah mengatakan hal-hal yang menenangkan dan menenangkan kepada diri sendiri seperti ‘Saya bisa mengatasi dengan baik’ atau ‘bernapas dengan mudah’.

9. Lakukan apa yang Anda sukai

Melakukan hal-hal yang Anda sukai adalah suatu keharusan. Jauh lebih mudah untuk mengelola kantong stres ketika sisa hidup l diisi dengan kegiatan yang di sukai. Bahkan jika pekerjaan adalah pusat stres, Anda dapat menemukan satu atau dua hobi yang memperkaya dunia.

10. Berlatih teknik relaksasi

Luangkan waktu untuk berlatih relaksasi. Ini akan membantu tubuh dan sistem saraf untuk menetap dan menyesuaikan kembali. Pertimbangkan untuk mempelajari teknik formal seperti yoga, hubungan otot progresif atau meditasi. Luangkan waktu untuk menyerap diri dalam kegiatan santai seperti mendengarkan musik dan merencanakan hal-hal yang memberi Anda kesenangan.(*)

Advertisement

Trending