Connect with us

Batam

Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis, TNI-AD Bersama Yayasan Artha Graha Peduli Operasikan Kembali RSKI Galang

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20231117 Wa0036

Batam, Kabarbatam.com – Berikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Komando Daerah Militer (Kodam) 1/Bukit Barisan secara resmi menjalin kerjasama dengan Yayasan Artha Graha Peduli untuk mengoperasikan kembali RSKI Galang, Kerja sama tersebut di tandatangani di RSKI Galang, Kota Batam, Jum’at (17/11/2023).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama (MoU) yang dilakukan oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) 1/Bukit Barisan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Mochammad Hasan Hasibuan bersama Pimpinan Yayasan Artha Graha Peduli Fernaldi Anggada.

Selain itu, penandatanganan ini juga disaksikan langsung oleh Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Wali Kota Batam – Kepala BP Batam H. Muhammad Rudi, Direktur PT Makmur Elok Graha (MEG), Ketua DPRD Batam Nuryanto, serta masyarakat Galang dan para tamu undangan lainnya.

Img 20231117 Wa0039

Diketahui, penandatanganan kerjasama antara Yayasan Artha Graha Peduli dengan TNI-AD dalam rangka pendampingan penguatan Pembinaan Teritorial (Binter) pada pelayanan kesehatan terpadu di wilayah Pulau Galang, Kota Batam.

Pangdam 1/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan mengatakan, perjanjian kerjasama merupakan tindak lanjut dari upaya dalam rangka mengoptimalkan kembali pengoperasian Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang dengan pemanfaatan fasilitas kesehatan yang tidak digunakan lagi pasca pandemi Covid-19.

Img 20231117 Wa0038

“Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mewujudkan kolaborasi kedua belah pihak dalam hal meningkatkan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat prajurit TNI dan Polri di kawasan Pulau Galang Provinsi Kepulauan Riau,” ujar Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan kepada Kabarbatam.com, (17/11/2023).

Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan menjelaskan, proses ke depannya, sesuai dengan maksud dalam perjanjian kerjasama operasional RSKI Galang ini, akan dilaksanakan secara bersama-sama pelayanan kesehatan oleh jajaran tim kesehatan Yayasan Artha Graha Peduli dan tim kesehatan Kodam 1/Bukit Barisan serta unsur terkait lainnya dalam hal ini TNI-Polri.

“Secara bertahap, RSKI Galang dapat memberikan pelayanan kesehatan umum, pelayanan pengobatan gratis yang dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat. Jadi, RSKI Galang akan kita operasionalkan untuk kepentingan masyarakat secara gratis,” ungkap Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan.

Lanjut, Pangdam menuturkan, dalam pelaksanaannya, pengoperasian RSKI Galang tentu tak luput dari keterbatasan. Jadi, masyarakat diharapkan dapat memaklumi jika ada yang kurang saat pelayanan kesehatan berlangsung.

Img 20231117 Wa0037

“Pada intinya niat kami adalah memanfaatkan kembali RSKI Galang. Bangunan ini sudah dibangun negara dan oleh uang rakyat yang selama pasca pandemi tidak dimanfaatkan sementara infrastruktur serta fasilitas telah memadai,” jelasnya.

Menurut Pangdam, fasilitas serta bangunan RSKI Galang terbilang cukup modern. Sehingga harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

Tak hanya melakukan penandatanganan kerjasama, Kodam 1/Bukit Barisan juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa penyerahan bantuan sosial sembako kepada masyarakat serta pelayanan kesehatan umum gratis.

Dalam kesempatan itu, Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan juga menyempatkan diri untuk menyapa masyarakat Galang serta meninjau langsung fasilitas kesehatan RSKI Galang.

“Saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Mari kita bersama-sama menjaga serta merawat aset negara ini, saya berharap RSKI Galang dapat semakin berkembang,” pungkasnya. (Atok)

Advertisement

Nasional

Trending