Connect with us

Batam

Cegah Potensi Konflik, Kesbangpol dan FKDM Kota Batam Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2024 Damai

redaksi.kabarbatamnews

Published

on

Img 20240213 Wa0380
Rapat Kerja bersama FKDM Kota Batam di kantor Kesbangpol Kota Batam, Selasa (13/02/2024).

Batam, Kabarbatam.com – Eskalasi dinamika politik semakin meningkat pada H-1 Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 pasca debat Capres/Cawapres dan masa-masa kampanye.

Sebagai upaya untuk pencegahan potensi konflik, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Batam mengajak seluruh elemen masyarakat tetap menjaga situasi tetap kondusif walaupun terjadi perbedaan pandangan dan dukungan politik.

“FKDM memiliki peran yang penting untuk deteksi dini. FKDM juga dapat berfungsi memetakan potensi potensi gesekan di pemilu 2024 di daerah. Kami berharap terjalin sinergitas dari semua pihak untuk menjaga kondusifitas wilayah di Kota Batam mulai dari tahapan – tahapan pemilu yang tersisa,” kata Kaban Kesbangpol Kota Batam, Riama Manurung usai memimpin Rapat Kerja bersama FKDM Kota Batam di kantor Kesbangpol Kota Batam, Selasa (13/02/2024).

Riama menegaskan, FKDM harus bisa menjaga komunikasi, hal ini bisa saja menimbulkan gesekan-gesekan adu argumentasi saat penghitungan suara. Oleh karena itu, tambahnya, FKDM harus bisa mendeteksi bibit-bibit yang bisa menimbulkan percikan perselisihan yang harus bisa diredam sedini mungkin.

Img 20240213 Wa0381

Ketua FKDM Kota Batam, Alwan Hadiyanto berharap, masyarakat tidak lagi mudah terprovokasi atas infomasi hoax dan anjuran kebencian yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat terutama pada pesta demokrasi yang diadakan 5 tahun sekali, yang mana dalam pemilu ini ada 3 calon Capres-cawapres.. Alwan menambahkan pemilu ini menentukan nasih Indonesia 5 tahun yang akan datang, jadi mari kita pilih calon terbaik dari putra putra Bangsa terbaik Indonesia, menuju Indonesia Emas..

FKDM Kota Batam berharap dan menghimbau kepada masyarakat kota Batam, pada Pemilu 2024 tidak terjadi provokasi hoax dan ujaran kebencian yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat.

“Harapannya kita bersama-sama kita dapat bersatu dan tidak terpecah belah karena perbedaan pandangan dan pilihan politik. Mari kita jaga kondusivitas Kota Batam bersama-sama,” imbuhnya.

Pihaknya optimistis, dengan dukungan masyarakat dan stakeholder terkait lainnya, pelaksanaan Pemilu 2024 di Kota Batam dapat berjalan dengan lancar dan tertib. (R/Atok)

Advertisement

Nasional

Trending