Connect with us

Kesehatan

Cek Fakta Makanan Bisa Bikin Panjang Umur

Published

on

Buah Buahan
Foto ilustrasi

Kabarbatam.com – Makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging dan lainnya memang dibutuhkan untuk memberi nutrisi pada tubuh.

Namun dalam studi yang dimuat dalam jurnal Circulation menunjukkan bahwa mengonsumsi sayur-sayuran dan buah secara rutin, bisa membuat Anda umur panjang.

Makanan yang mengandung beta karoten, antioksidan seperti pada sayuran hijau dan buah Disebut efekif untuk memperpanjang umur.

Peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health melakukan uji coba selama tiga dekade pada 100 ribu orang dewasa dengan penyakit penyerta kardiovaskular, kanker, atau diabetes.

Mereka menemukan orang yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran per hari, memiliki risiko kematian 13 persen lebih rendah dari semua penyebab.

Dengan begitu para peneliti pun menyarankan untuk mengonsumsi sekitar dua porsi buah dan tiga porsi sayuran dalam sehari untuk memperoleh manfaat umur panjang itu.

Berikut jenis makanan yang disebut bisa memperpanjang umur Anda.

Sayuran Hijau:
·Bayam
·Kangkung
·Brokoli
·Kubis
·Wortel

Buah-buahan:
·Jeruk
·Stroberi
·Blueberry
·Melon
·Apel

Meski begitu, hasil penelitian tidak serta merta bakal membuat Anda langsung berumur panjang.

Tapi perlu digarisbawahi, mengonsumsi sayur dan buah yang kaya beta karoten, antioksidan, vitamin, mineral, memang baik karena kandungannya dapat menjaga kesehatan tubuh.

Misalnya, mengonsumsi sayuran hijau tinggi serat berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Buah yang mengandung antioksidan bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sayur dan Buah yang Disarankan:
American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi empat porsi buah dan lima porsi sayuran per hari atau dua kali lipat jumlahnya dari anjuran penelitian.

Menurut AHA dikutip dari Prevention, porsinya bisa bervariasi. Namun siapa saja dapat menerapkan saran penyajian seperti berikut:
·Apel, pisang, kiwi, setengah potong alpukat atau jenis buah lainnya.
·Brokoli, kembang kol, wortel, bayam, kangkung atau sayuran berdaun hijau lainnya.

Angel Planells, juru bicaraAcademy of Nutrition and Dieteticsmenuturkan cara terbaik supaya bisa rutin mengonsumsi sayur, buah yaitu ketika Anda punya tujuan khusus misalnya untuk lebih sehat.

“Jika telah menyusun strategi dan sudah merencanakan mengenai pola makan, Anda akan lebih mudah menentukan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi untuk memenuhi tujuan pribadi tersebut,” kata Planells.(*)

Advertisement

Trending