Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Kepri

Dorong Pembangunan Jembatan senilai Rp731 Miliar di Anambas, Cen Sui Lan: Sudah Masuk Program Kementerian PUPR

Published

on

Kepri, Kabarbatam.com – Kabar menggembirakan datang bagi warga Pulau Siantan dan Pulau Matak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri).

Pasalnya, rencana pembangunan sebuah jembatan sepanjang 1 kilometer yang menghubungkan kedua pulau tersebut akhirnya masuk dalam APBN melalui program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepastian pembangunan jembatan bernama ‘Peninting-Konjo’ itu, disampaikan langsung oleh Anggota DPR RI Dapil Kepri, Cen Sui Lan setelah RDPU antara Komisi V DPR RI dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (15/11/2021).

“Pembangunan jembatan Peninting-Konjo di Anambas senilai Rp731 miliar ini, masuk dalam program kementerian PUPR,” ujar Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menjelaskan, bahwa jembatan Peninting-Konjo apabila sudah selesai dibangun dapat mengakselerasi 75 persen penduduk di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Selain itu, kata Cen, juga sebagai akselerasi pertumbuhan ekonomi karena akan meningkatkan pergerakan, barang, jasa dan orang.

“Dengan adanya jembatan ini tentunya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sebagai akselerasi untuk potensi sektor pariwisata di Kabupaten Anambas,” jelas Cen.

Legislator Golkar ini meminta agar Pemkab Kepulauan Anambas dapat terus berkomunikasi dengannya terkait usulan-usulan pembangunan. Mengingat, hal tersebut merupakan tupoksi dirinya di Komisi V DPR RI.

“Pak Bupati (Anambas) harus sering komunikasi dengan saya. Apa-apa yang bisa menjadi kewenangan saya, akan saya masukan dalam APBN tahun berikutnya. Benar kata Pak Bupati, saya ini harus menjadi tempat mengadu. Ibarat orang tua, saya adalah orang tua dari bapak bapak bupati atau wali kota se-Kepri. Mari kita bersinergi untuk membangun Kepri, Pak Bupati,” ucap Cen Sui Lan kepada Abdul Harris Bupati Kepulauan Anambas yang hadir dalam RDPU tersebut.

Dalam RDPU dengan Komisi V DPR RI ini, Bupati Kepulauan Anambas diketahui mempresentasikan program-program pembangunan infrastuktur dan transportasi di Kabupaten Anambas.

Dimana, untuk tahun anggaran 2022-2024. Selain mengusulkan pembangunan jembatan Peninting-Konjo, Pemkab Anambas juga mengusulkan program revitalisasi pasar di Tarempa, revitalisasi pasar Inpres Tarempa, pembangunan balai benih ikan, pembangunan jembatan Genting-Penabung.

Kemudian, Pemkab Anambas mengajukan usulan pembangunan jembatan AirAsuk-Kampung Baru. Pembangunan embung Batu Tabir. Pembangunan SPAM Ulu Baruk. Penambahan ruas jalan nasional, pembangunan Puskesmas Perbatasan, dan program-program ruas jalan nasional di Kabupaten Anambas.

Dalam RDPU bersama Komisi V DPR RI ini, Abdul Harris Bupati Kepulauan Anambas didampingi Sahtiar selaku Sekda Anambas. Selain itu, turut hadir Adies Syahputra Kepala Bappeda Anambas, Andyguna Hasibuan Kadis PUPR Anambas, serta Amat Yani Anggota DPRD Kabupaten Anambas dan beberapa orang pejabat eselon 3 lainnya.(***)

Trending