Connect with us
Puri Selebriti Batam Himalaya Batam BSC Mall

Kepri

Dorong Peningkatan SDM di Bidang Maritim, Disnaker Kepri Gelar Pelatihan Keterampilan Kepelautan

Published

on

Foto Batam, Disnaker kepri, kabar batam, Pelatihan Keterampilan Kepelautan, Peningkatan SDM di Bidang Maritim

Batam, Kabarbatam.com – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kepulauan Riau (Kepri) menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi keterampilan pelaut, Senin (29/11/2021).

Pelatihan yang menyasar anak-anak hinterland di Kepulauan Riau itu, bekerja sama dengan Lembaga Diklat Pelaut Maritime National Traning Center, di Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama 10 hari ke depan, peserta akan diberikan pelatihan dasar keselamatan di laut, perundang- undangan, pertolongan pertama pada kecelakaan dan pelatihan keamanan di atas kapal.

Kepala Disnaker Kepri yang diwakili oleh Kepala BLK Propinsi Kepri, Tri Ciptoningsih mengatakan, pelatihan kepelautan itu menjadi yang pertama kali diadakan oleh Disnaker Kepri.

Dimana, pada program awal pelatihan tersebut Disnaker Kepri telah mengirimkan 12 orang peserta pelatihan untuk siap dilatih.

“Pelatihan ini merupakan terobosan baru dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk mendukung program pemerintah dalam bidang maritim,” kata Tri Ciptoningsih.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Riau Taba Iskandar yang turut hadir dalam pembukaan tersebut mengaku akan terus mendorong diadakannya pelatihan kepelautan tersebut.

Menurutnya, Disnaker Kepulauan Riau harus secara berkesinambungan dapat menyelenggarakan pelatihan kepelautan dengan dimasukkan ke dalam anggaran setiap tahunnya.

“Minimal 40% dari anggaran pelatihan dialokasikan untuk di bidang pelatihan dan sertifikasi kepelautan,” kata Taba.

Mantan Ketua DPRD Kota Batam ini menjelaskan bahwa adanya pelatihan tersebut dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepulauan Riau di bidang maritim.

Selain itu, kata dia, juga dapat membuka lapangan pekerjaan dan dapat mengurangi angka pengangguran.

“Kepulauan Riau merupakan daerah maritim, jangan sampai potensi maritim yang ada hanya jadi pembicaraan saja tapi tidak ada bukti nyata yang dapat dirasakan karena tidak memadainya SDM atau anak-anak tempatan kita di bidang maritim,” jelasnya.

Owner Lembaga diklat Maritime National Training Center Dato Bainuri dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Wakil Komisi I DPRD Kepulauan Riau Taba Iskandar atas kepercayaan yang diberikan kepada pihaknya untuk menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi keterampilan kepelautan.

Ia mengatakan, lembaga diklatnya tersebut telah berdiri sejak tahun 2016 dan telah mengeluarkan hampir 7000 lebih sertifikat pelatihan kepelautan yang dapat digunakan di dalam negeri maupun luar negeri.

“Sertifikat ini menjadi persyaratan mutlak atau mandatory untuk bisa bekerja di atas kapal, perusahaan galangan kapal, perusahaan oil and gas, kapal pesiar, kapal kapal keruk tambang, dan perusahaan lainnya yang berhubungan dengan maritim,” ucap Dato Bainhuri.(r/yogi)

Trending