Connect with us

Anambas

Gubernur Kepri Buka Musrenbang RKPD Tahun 2022 Kabupaten Kepulauan Anambas

Published

on

Foto Gubernur buka Musrenbang Anambas, Kab Anambas, Mesrenbang Kabupaten Anambas, RKPD Tahun 2022 KKA
Gubenur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)Tahun 2022 Kabupaten Kepulauan Anambas.

Anambas, Kabarbatam.com – Gubenur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)Tahun 2022 Kabupaten Kepulauan Anambas bertempat di Aula Kantor Bupati KKA Lt. 3, Minggu, (04/04/2021) Malam.

Ansar Ahmad mengatakan bahwa angka pertumbuhan ekonomi terkoreksi yang di masa lalu Provinsi Kepri pernah mencapai 7 sampai 8%, namun pada awal-awal Covid-19 kemarin berada di angka minus 6, 6%.

Hari ini, menurut Ansar, kondisi saat ini terakhir tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Kepri minus 3,8% tetapi dengan hitung-hitungan ekonomi kita insya Allah kita bisa mengejar angka pertumbuhan 2021 akhir tahun ini bisa mencapai 3,5%.

Foto Gubernur buka Musrenbang Anambas, Kab Anambas, Mesrenbang Kabupaten Anambas, RKPD Tahun 2022 KKA

“Bahkan Pak Menteri Bappenas waktu kita berdiskusi di Jakarta beliau menargetkan Kepri harus bisa tumbuh 5,6% dan kita akan usahakan kejar investasi-investasi yang sedang on going melalui PT Bintan Alumina Indonesia itu sudah menanamkan investasinya sampai hari ini Rp11 – 13 triliun di Bintan,” ungkap Ansar.

Ansar Ahmad melanjutkan lagi bahwa pertumbuhan ekonomi di akhir tahun 2020 sampai minus 7,83% karena ketergantungan, Anambas terhadap aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan dunia luar menurunnya angka ekspor hasil perikanan pasti menurunkan angka pertumbuhan ekonomi.

Pertama konsumsi rumah tangga, konsumsi rumah tangga itu menempatkan posisi 12,64%, rata-rata di daerah-daerah yang lain konsumsi rumah tangga itu memberikan kontribusi 30-40% bahkan secara nasional di atas 40% karena konsumsi rumah tangga berkaitan dengan daya beli masyarakat.

Program yang harus kita pertajam adalah program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat, program pemulihan ekonomi nasional yang diluncurkan ke daerah harus Inline dengan program-program kita.

Foto Gubernur buka Musrenbang Anambas, Kab Anambas, Mesrenbang Kabupaten Anambas, RKPD Tahun 2022 KKA

“Musrenbang ini harus dilakukan kajian secara teliti untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi, muatan-muatan relaksasi untuk pelaku investasi, termasuk pariwisata kasih gratis asal disepakati sama DPRD dan 2 tahun gratis pajak hotel dan restoran. Paling penting adalah relaksasi perizinan birokrasi yang baik,” ujarnya.

Di sela – sela penutupan, Ansar Ahmad, menyampaikan akan membangun salah satu prioritas Pembangunan Quran Center di Kabupaten Kepulauan Anambas sehingga akan banyak menumbuhkan calon-calon qori internasional, termasuk pengadaan Balai Benih ikan khusus untuk nelayan,” tutupnya. (Refi)

Advertisement
Bp Batam

Trending